Mohon tunggu...
Aminatun Nurul Hamidah
Aminatun Nurul Hamidah Mohon Tunggu... Guru - Kepala Sekolah/TK Sebiduk Sehaluan Arum Jaya

Hobi traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok B dalam Membedakan Huruf P dan Q Melalui Media Pohon Pintar di TK SS Arum Jaya

19 Februari 2024   00:10 Diperbarui: 19 Februari 2024   00:15 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK B

DALAM MEMBEDAKAN HURUF P DAN Q MELALUI MEDIA POHON PINTAR DI TK SS ARUM JAYA

 

  • Pendahuluan
  • Latar Belakang
  • Adapun latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang saya lakukan adalah 5 anak dari 15 anak kesulitan dalam membedakan huruf p dan q di TK Sebiduk Sehaluan Arum Jaya dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat dalam membedakan huruf p dan q, Sehingga anak kurang  memahami apa yang disampaikan guru. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf p dan q maka dapat dilakukan dengan menggunakan Pohon Pintar. Tantangan yang dihadapi adalah tingkat perkembangan anak yang berbeda-beda dalam membedakan huruf p dan q. Yang terlibat adalah guru dan murid. Penting bagi kami untuk membagikan praktik baik ini karena praktik ini berhasil  dan memberikan pengalaman positif serta memberikan inspirasi dan ide baru untuk meningkatkan pembelajaran juga dapat membantu menyebarkan model pembelajaran terbaik yang dapat menjadi acuan bagi guru-guru lainnya.
  •  
  •  
  • Rumusan Masalah
  • Apakah melalui media pohon pintar dapat meningkatkan kemampuan Anak Kelompok B dalam membedakan huruf p dan q di TK SS Arum Jaya?
  •  
  • Tujuan Masalah
  • Untuk meningkatkan kemampuan Anak Kelompok B dalam membedakan huruf p dan q di TK SS Arum Jaya.


  • Pembahasan
  • Dalam membedakan huruf p dan q di TK Sebiduk Sehaluan Arum Jaya dengan menggunakan media pohon pintar. Adapun Langkah-langkah yang  dilakukan

Guru membagi 3 kelompok dan menjelaskan cara bermain pohon huruf

Anak-anak menarik kertas huruf yang ada di pohon pintar

Anak menyebutkan huruf yang muncul setelah ditarik di pohon pintar

Anak mencari huruf di keranjang huruf yang sesui dengan huruf yang muncul di pohon pintar

Anak memasangkan huruf yang sesuai untuk di tempelkan di pohon pintar 

                       Dalam kegiatan praktek pengalaman lapangan terdapat 6 dari 15 anak kesulitan memmbedakan huruf p dan q dengan persentase 40% dan 9 anak dari 15 anak sudah bisa membedakan huruf p dan q dengan persentase 60%. setelah dilakukan Implementasi pembelajaran dengan menggunakan media pohon pintar terdapat peningkatan 53% atau 14 anak yang sudah bisa membedakab huruf p dan q dengan persentase 93,3%.

  •  
  •  
  • Kesimpulan

Berdasarkan hasil praktek pengalaman lapangan dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan anak kelompok B dalam membedakan huruf p dan q  melalui media pohon pintar di TK SS Arum Jaya. Dengan menggunakan media pohon pintar  anak lebih mudah dalam memahami perbedaan huruf p dan q.

  •  
  •  
  • Daftar Pustaka

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun