PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK KELOMPOK B
DALAM MEMBEDAKAN HURUF P DAN Q MELALUI MEDIA POHON PINTAR DI TK SS ARUM JAYA
Â
- Pendahuluan
- Latar Belakang
- Adapun latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang saya lakukan adalah 5 anak dari 15 anak kesulitan dalam membedakan huruf p dan q di TK Sebiduk Sehaluan Arum Jaya dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat dalam membedakan huruf p dan q, Sehingga anak kurang  memahami apa yang disampaikan guru. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membedakan huruf p dan q maka dapat dilakukan dengan menggunakan Pohon Pintar. Tantangan yang dihadapi adalah tingkat perkembangan anak yang berbeda-beda dalam membedakan huruf p dan q. Yang terlibat adalah guru dan murid. Penting bagi kami untuk membagikan praktik baik ini karena praktik ini berhasil  dan memberikan pengalaman positif serta memberikan inspirasi dan ide baru untuk meningkatkan pembelajaran juga dapat membantu menyebarkan model pembelajaran terbaik yang dapat menjadi acuan bagi guru-guru lainnya.
- Â
- Â
- Rumusan Masalah
- Apakah melalui media pohon pintar dapat meningkatkan kemampuan Anak Kelompok B dalam membedakan huruf p dan q di TK SS Arum Jaya?
- Â
- Tujuan Masalah
- Untuk meningkatkan kemampuan Anak Kelompok B dalam membedakan huruf p dan q di TK SS Arum Jaya.
- Pembahasan
- Dalam membedakan huruf p dan q di TK Sebiduk Sehaluan Arum Jaya dengan menggunakan media pohon pintar. Adapun Langkah-langkah yang  dilakukan
Guru membagi 3 kelompok dan menjelaskan cara bermain pohon huruf
Anak-anak menarik kertas huruf yang ada di pohon pintar
Anak menyebutkan huruf yang muncul setelah ditarik di pohon pintar
Anak mencari huruf di keranjang huruf yang sesui dengan huruf yang muncul di pohon pintar
Anak memasangkan huruf yang sesuai untuk di tempelkan di pohon pintarÂ
            Dalam kegiatan praktek pengalaman lapangan terdapat 6 dari 15 anak kesulitan memmbedakan huruf p dan q dengan persentase 40% dan 9 anak dari 15 anak sudah bisa membedakan huruf p dan q dengan persentase 60%. setelah dilakukan Implementasi pembelajaran dengan menggunakan media pohon pintar terdapat peningkatan 53% atau 14 anak yang sudah bisa membedakab huruf p dan q dengan persentase 93,3%.
- Â
- Â
- Kesimpulan
Berdasarkan hasil praktek pengalaman lapangan dapat dikatakan bahwa ada peningkatan kemampuan anak kelompok B dalam membedakan huruf p dan q  melalui media pohon pintar di TK SS Arum Jaya. Dengan menggunakan media pohon pintar  anak lebih mudah dalam memahami perbedaan huruf p dan q.
- Â
- Â
- Daftar Pustaka
Â