Pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2024 saya Aminatul Mardiyah dengan NIM 212180126 bersama anggota kelompok saya yaitu Harris Setiawan, Dwi Ma'sumah, dan Sekar Elvira Putri Sanjivani melaksanakan simulasi pembelajaran edutainment skill yang berada di SD Negeri Sawunggaling tepatnya di kelas 5 yang berjumlah delapan belas siswa.Â
Adapun materi yang diajarkan yaitu materi IPAS tentang Keragaman Hayati dan Nonhayati serta Sumber Daya Alam.Â
Adapun untuk tahap pelaksanaan pembelajarannya yaitu yang pertama-tama pembelajaran dibuka dengan pembukaan (salam) dan ice breaking, yang selanjutnya dilanjutkan dengan menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran scrapbook.Â
Pada saat menjelaskan materi menggunakan scrapbook beberapa siswa diminta maju untuk membacakan materi dan juga mencoba mengaplikasikan scrapbook yang berisikan materi yang selanjutnya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu pembelajaran dan mengaplikasikan papan sumber daya alam.Â
Pada saat mengaplikasikan papan sumber daya alam siswa diminta untuk bermain sambil mengingat materi yang sudah disampaikan di awal.Â
A. Respon Siswa
1. Ice Breaking
Ice breaking ini dilakukan pada saat awal pembelajaran supaya siswa bersemangat dalam belajar. Adapun disini untuk ice breakingnya yaitu dengan tepuk konsentrasi:
Tepuk satu.... Yes!
Tepuk dua.... Oke!