Mohon tunggu...
Ahmad MuflihIMK
Ahmad MuflihIMK Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mobile Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Berharga sebagai Mobile Developer Intern melalui Program Magang MBKM

29 Juni 2024   08:41 Diperbarui: 29 Juni 2024   08:50 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PT Indi Teknokreasi Internasional

Mahasiswa memiliki kesempatan untuk belajar di berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia selama satu semester melalui Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM). Di era di mana teknologi mobile terus berkembang pesat, kemampuan dalam mengembangkan aplikasi mobile menjadi sangat penting. Di PT Indi Teknokreasi Internasional, program MBKM memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi pengembangan aplikasi mobile, khususnya pada platform Android.Selama empat bulan, peserta magang terlibat dalam berbagai tugas yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi mobile. Program ini tidak hanya memperluas pengetahuan tentang pemrograman dan pengembangan aplikasi, tetapi juga memberikan pandangan baru tentang industri teknologi yang selalu berubah. Dalam lingkungan kerja yang dinamis ini, peserta magang belajar untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi dan kebutuhan pasar yang berkembang.

Kegiatan magang ini menawarkan lebih dari sekadar teori. Peserta mendapatkan kesempatan untuk bekerja langsung pada proyek aplikasi mobile yang nyata. Setiap tugas yang diberikan bertujuan untuk mendukung pemahaman konsep yang telah dipelajari, sehingga mahasiswa dapat menerapkannya secara praktis dalam proyek mereka. Selain itu, peserta juga belajar untuk berkolaborasi dengan anggota tim lainnya, mengelola proyek, dan menyelesaikan masalah yang muncul selama proses pengembangan.

Program ini juga menawarkan bimbingan pribadi dari profesional industri yang berpengalaman. Peserta mendapatkan wawasan mendalam tentang tantangan sehari-hari seorang Mobile Developer dan mendapatkan umpan balik konstruktif untuk membantu mereka meningkatkan pekerjaan mereka. Bimbingan ini mencakup sesi mentoring rutin, di mana peserta dapat berdiskusi tentang kemajuan mereka, mendapatkan saran, dan belajar dari pengalaman mentor mereka.

Bagi saya, program ini telah menjadi pijakan penting dalam perjalanan saya sebagai calon Mobile Developer. Mulai dari memahami pentingnya pengalaman pengguna hingga mengembangkan fitur-fitur aplikasi yang inovatif, setiap fase kegiatan telah membuka mata saya terhadap kompleksitas dan keindahan pengembangan aplikasi mobile. Saya belajar bagaimana merancang antarmuka yang intuitif, mengoptimalkan kinerja aplikasi, dan memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat diandalkan dan aman untuk digunakan oleh pengguna.

Saat saya terlibat dalam proyek-proyek praktis yang diberikan dalam program ini, saya merasa diuji untuk mengaplikasikan setiap konsep yang saya pelajari. Ini tidak hanya mengasah keterampilan teknis saya, tetapi juga membuka pikiran saya terhadap berbagai strategi yang dapat digunakan untuk menciptakan aplikasi mobile yang luar biasa. Saya belajar bagaimana mengintegrasikan berbagai layanan dan API, melakukan pengujian menyeluruh, dan merilis aplikasi dengan lancar di platform Android.

Program ini membawa dampak yang signifikan bagi karir dan pengembangan pribadi saya. Saya tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis, tetapi juga belajar cara bekerja sama, berkomunikasi dengan baik, dan menemukan cara yang lebih kreatif dan terorganisir untuk menyelesaikan masalah. Ini mempersiapkan saya untuk memasuki industri dan membuat saya siap menghadapi tantangan apa pun. Saya juga belajar tentang pentingnya umpan balik dari pengguna dan bagaimana iterasi berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas aplikasi.

Kegiatan MBKM di PT Indi Teknokreasi Internasional telah menjadi fondasi yang kokoh untuk perjalanan saya sebagai calon Mobile Developer. Pengalaman ini menambah pengetahuan saya, memperluas jaringan saya, dan membuka mata saya pada peluang yang ada di industri teknologi yang dinamis ini. Saya sangat antusias dan siap untuk menerapkan semua yang saya ketahui dalam langkah-langkah karir saya yang akan datang. Saya juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai seminar dan workshop yang diselenggarakan oleh perusahaan, yang semakin memperkaya wawasan saya tentang tren dan perkembangan terbaru dalam teknologi mobile.

Program MBKM ini tidak hanya menjanjikan, tetapi juga memberikan kesempatan nyata bagi para mahasiswa untuk mengeksplorasi minat mereka dalam bidang tertentu. Pengalaman ini akan menjadi dasar yang kuat bagi mereka yang ingin meniti karir sebagai pengembang aplikasi mobile yang sukses di masa depan. Melalui program ini, saya belajar bahwa pengembangan aplikasi mobile bukan hanya tentang menulis kode, tetapi juga tentang menciptakan solusi yang dapat memberikan dampak positif bagi pengguna dan masyarakat luas. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun