Mohon tunggu...
Ami Haryatmi
Ami Haryatmi Mohon Tunggu... ibu rumah tangga -

Seorang nenek yg bersemangat. Melihat yang tersirat, terpanggil menjadikannya tersurat. \r\nTatkala kusentuh papan Qwerty, aku tidak ingin jariku hanya sekedar menari. Namun aku mau sesuatu yg berarti hadir di sini.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Tips Singkat, Agar Mata Tetap Sehat

8 Maret 2014   16:46 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:08 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Semua orang tahu bahwa mata adalah salah satu organ prima yang benar-benar harus dipelihara dengan seksama. Namun biasanya sebelum ada keluhan, kesehatan mata juga sering terabaikan.

Di bawah ini adalah kisah singkat, cara saya memelihara mata yang Insya Allah, mudah-mudahan tetap sehat. Hingga usia enam puluh empat.Salah satunya adalah dengan mencintai kacamata yang tepat. Dan menganggapnya sebagai teman dekat atau jimat ( iiiich … gak boleh. Musyrik! Kata Ustad).

1.Saya biasa mengggunakan sun glass di bawah terik matahari. Pajaran sinar  matahari langsung, akan mempercepat timbulnya katarak.

2.Selalu gunakan kacamata hitam atau bening ketika keluar rumah, karena polusi udara mempengaruhi kesehatan mata.

3.Di dalam mobil ber air con pun terkadang membuat perih mata kita, karena udara dari AC terkadang berpengaruh buruk pada mata.

4.Nah ini the last but not least. Bagi Ibu ibu yang sering memasak. Tahukah anda bahwa uap dari penggorengan, sayur yang dimasak dan gas kompor salah satu factor penganggu kesehatan mata dan mempercepat timbulnya katarak? Makabila terjun ke dapur saya pasti memakai kacamata.       Ketika memakai kacamata hitam, sekeluarga dan tetangga yang melihat pasti tertawa dan menganggap saya orang gila. Bahkan terkadang tempe yang belum matang pun saya kira sudah gosong. Haiyaaa….

Bila memakai kacamata baca pinjam dari suami, saat membuat perkedel, yang saya kira sudah sebesar bola ping pong, ternyata setelah buka kacamata, hanya sebesar biji kedondong. Nah yang makan jadi bengong.

Maka, saran saya pada Ibu-ibu yang memasak, gunakanlah kacamata bening netral.

Tips di atas adalah hanya salah satu cara di antara cara yang banyak. Cara sehat mata yang lain tentu telah diketahui khalayak.

Sebenarnya, kenapa sich saya begitu care terhadap kesehatan mata?

Karena selain mata adalah salah satu indera utama. Juga karena saya memiliki cita-cita, kelak bila tutup usia, kornea saya bisa disumbangkan pada insan tuna netra. Alangkah bahagia, dua mata bisa memberikan matahari bagi dua orang buta.

Nah, berkenankah Anda? Mari hubungi Bank Mata

Saya lampirkan pula ajakan untuk turut serta dalam kegiatan nirlaba,

Acara: Jalan Santai “Eye Donor Awareness 2014”

Hari/Jam: Minggu 9 Maret, 06.00 WIB sampai selesai

Tempat: Barat Daya Monumen Nasional Jakarta

Pendaftaran: Bank Mata DKI 021 5256228, 0812 8975650, 0815 8816637

Terimakasih dan salam pengabdian pada tuna netra.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun