Pembelajaran berbasis Multimedia
Pendahuluan
Di jaman yang sudah modern seperti saat ini, kecanggihan teknologi sudah seharusnya di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama dalan bidang pendidikan yang seharusnya memberikan dampak positif bahkan bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang saat ini masih rendah. Pemerintah yang telah mengganti kurikulum memang merupakan tindakan yang benar karena sudah lebih dari 10 tahun kurikulum di Indonesia belum mengalami perubahan, jika kurikulum berganti maka proses pembelajarannya pun ikut berubah salah satunya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu pembelajaran berbasis teks, begitu pula dengan media pembelajaran menggunakan computer atau pembelajaran berbasis multimedia.
Seiring dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berdampak pada bertambahnya media dan sumber belajar yang praktis dalam proses belajar mengajar, salah satu media hasil dari perkembangan teknologi adalah komputer. Kecanggihan  teknologi yang semakin pesat juga sangat mempengaruhi tingkat kemajuan pendidikan di Indonesia, dengan adanya teknologi tentu sangat membantu dalam proses belajar mengajar. Bagi siswa komputer dapat digunakan dalam belajar dan mengerjakan tugas, dan bagi guru komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.
      Kenyataannya tidak semua praktisi penddikan bisa menggunakan komputer dengan baik dan benar. Banyak di antaranya yang tidak tahu cara menggunakan komputer dengan baik dan benar, apa manfaat dari komputer itu sendiri? Bahkan banyak yang menggunakan komputer untuk hal-hal yang negatif, sebagian orang yang tidak pahamlah yang memandang teknologi sebagai dasar yang menyebabkan perilaku siswa berubah menjadi nakal dan tidak sesuai dengan keinginan orang tuanya oleh sebab itulah banyak orang tua yang menggap bahwa teknologi itu tidak penting dan untuk apa bisa menggunakan komputer jika akhirnya memiliki banyak pengaruh negatif di bandingkan  dengan dampak positifnya, pola pikir masyarakat yang seperti itulah yang harus kita ubah.
kurang sadarnya pemerintah dan praktisi pendidikan dalam menanggapi perubahan teknologi yang sarananya memiliki peranan yang besar dalam pendidikan, contoh : kurang tanggapnya pemerintah dan praktisi pendidikan dalam menyediakan dan prasarana di sekolah membuat siswa kurang mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi dan tidak sedikit siswa yang tak paham cara menggunakan komputer, bahkan mengganggap belajar komputer itu sulit, dan akan menjadi beban bagi para siswa yang memiliki kemampuan pasif.
Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan di tetapkannya peraturan pelaksanaan UN (Ujian Nasional) dengan berbasis teknologi yang akan dilaksanakan mulai tanggal 04-07 April 2016 pada tingkat SMA di seluruh Indonesia.
Pembahasan
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia dan kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi yang sering di gunakan oleh siswa adalah  sosial media seperti : facebook, twitter, line, instagram yang memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat berkomunikasi.
Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan serta unit pengontrolan.Komputer adalah media yang dapat digunakan dalam pengajaran dengan berbagai metode yang berbeda-beda.
Peran komputer secara umum adalah sebagai berikut :1. Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar, 2.Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki, 3.Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar, 4.Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
Bentuk-bentuk pembelajaran dengan meggunakan komputer antara lain sebagai berikut :
1.    Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat mengetik  bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi.