Mohon tunggu...
Amidi
Amidi Mohon Tunggu... Dosen - bidang Ekonomi

Dosen dan Pengamat Ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Bisa Saja Menjual Produk Turunan Akan Berdampak pada Peningkatan Volume Penjualan Produk Inti!

1 Maret 2024   06:59 Diperbarui: 1 Maret 2024   11:27 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

oleh Amidi

...............................Fenomena yang berkembang menggelitik saya untuk menulis artikel dengan judul di atas. Namun, saya mohon maaf kalau narasi dalam tulisan ini sedikit membingungkan, karena membutuhkan pemahaman yang agak mendalam.....................

 _________________________@@@@@@________________________

Bila mengacu pada tingkatan produk, maka antara tingkatan produk yang satu dengan yang lainnya saling keterkaitan (lihat Amidi dalam Kompasiana.com, 09 Pebruari 2024). Bagi pelaku bisnis yang sudah  profesional, mereka paham betul dengan tingkatan produk yang harus mereka acuh dalam melakoni bisnis-nya tersebut.  

Dalam "pasar lima tahunan", tingkatan produk ini menjadi perhatian serius  lembaga publik (partai)  yang menjual produk tersebut. Tak ubahnya dalam pasar pada umumnya, pihak yang melakoni "pasar lima tahunan"  harus melakukan hal yang sama dengan pelaku bisnis yang ada.

Pelaku "pasar lima tahunan",  harus piawai "memainkan" mesin produksi-nya atau mesin lembaga publik yang menjual produk tersebut, kalau tidak, mereka akan kalah bersaing dengan  mesin produksi pesaing  yang handal  dan  sudah mengakar/besar tersebut.

Bagi pihak yang melakoni "pasar lima tahunan",  walaupun produk turunan  yang mereka  tawarkan tidak "sekapasitas" produk turunan  pesaing yang sudah kuat/besar tersebut, sebenarnya mereka bisa saja mengungguli pesaing-nya yang sudah terlebih dahulu  mempunyai banyak "konsumen".

Strategi Menjual Produk Inti   dan Produk Turunan.

Produk inti  yang dimaksud adalah produk yang ditawarkan/dijual pelaku yang melakoni "pasar lima tahunan" berupa  lembaga publik itu sendiri, sedangkan  produk turunan yang dimaksud adalah produk yang ditawarkan pelaku yang melakoni "pasar lima tahunan" berupa pasangan calon yang diusung oleh lembaga publik tersebut.

Produk inti  yang  akan ditawarkan pelaku bisnis dalam pasar pada umumnya adalah produk yang memang untuk dijual langsung kepada konsumen.  Namun,  produk inti dalam "pasar lima tahunan", yang ditawarkan  terkadang bukan pada produk intinya, tetapi justru pada produk turunannya, terutama untuk pelaksanaan "pasar lima tahunan" beberapa waktu bekalangan ini, kecuali pada masa lembaga publik hanya ada beberapa saja (tiga) waktu itu, yang ditawarkan/menonjol  justru produk intinya saja.

Pihak yang melakoni "pasar lima tahunan" tersebut, mencari model yang tepat untuk menawarkan produk turunan yang akan dijualnya pada konsumen (pemilih). Bisa saja, mereka menawarkan produk turunannya untuk menopang produk intinya yang selama ini perolehan  konsumen-nya  masih terbilang sedikit, dengan harapan agar perolehan konsumen-nya   bertambah banyak, terlepas pada saatnya produk turunannya tersebut "tereliminir"  atau tidak, kala bersaing atau tidak.

Bila disimak, ada sinyalemen,  salah satu pihak yang melakoni "pasar lima tahunan" tersebut  memahami  bahwa produk turunan yang mereka  akan jual, akan diminati oleh banyak konsumen. Mengapa?,  karena produk turunan yang ditawarkan mempunyai keyakinan/kesalehan yang sama dengan keyakinan/kesalehan mayoritas konsumen di negeri ini (calon konsumennya  ada sekitar 90 persen lebih).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun