Mohon tunggu...
Amidi
Amidi Mohon Tunggu... Dosen - bidang Ekonomi

Dosen dan Pengamat Ekonomi

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Produsen Otomotif Pendatang Baru Bisa Saja Menggeser Brand yang Sudah Eksis

2 Desember 2023   09:07 Diperbarui: 2 Desember 2023   22:12 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aktivitas pekerja pada proses produksi di sektor industri otomotif, Jakarta, Senin (14/9/2020).(Dokumentasi Humas Kementerian Perindustrian)

Oleh Amidi

Seiring dengan terus meningkatnya permintaan anak negeri ini selaku konsumen terhadap produk otomotif, terutama kendaraan roda empat (mobil), seiring dengan itu pula bermunculan dealer mobil yang menawarkan  mobil  merek baru atau terbilang baru di negeri ini termasuk  di daerah ini (Sumatera Selatan).

Dealer dan atau agen-agen penjualan resmi yang menawarkan mobil merek baru atau terbilang baru  tersebut, sekaligus merupakan pendatang baru dibelantika dunia otomotif di negeri ini.

Mobil merek baru  atau terbilang baru yang ditawarkan oleh dealer tersebut, produsen-nya tidak hanya mengandalkan merek-nya saja, tetapi mereka pun menawarkan mobil   tersebut dengan berbagai kelebihan, baik dari sisi tampilan bodi maupun dari sisi keandalan mesin, dan beberapa kelebihan lain dari produk tersebut, singkat kata mereka tidak hanya menawarkan merek produk, tetapi mereka pun sudah melengkapinya dengan brand yang melekat pada produk tersebut.

Memang dari sisi keyakinan konsumen, mungin saja mobil merek baru tersebut atau masih terbilang baru tersebut masih "diragukan", apalagi bagi konsumen yang hanya "menerawang" alias menilai secara "kasat mata"  saja, namun bagi konsumen yang sudah mencoba (tes drive)  atau membeli-nya, mereka mulai merasakan, mulai mengetahui keandalan/kelebihan/keunikan dari produk tersebut.

Apalagi jika konsumen yang memebeli mobil merek baru atau terbilang baru tersebut, sudah  membeli atau sudah memiliki mobil merek yang sudah terkenal dan eksis di dunia otomotif di negeri ini, maka akan lebih jelas lagi, apa kelebihan dan kekurangan mobil merek baru atau terbilang baru tersebut.

Bila disimak,  dijalan-jalan raya, mobil merek baru atau terbilang baru  tersebut mulai "berseliweran" alias mulai terlihat ikut meramaikan lalu lintas di jalan raya di negeri ini. Kemudian bila kita perhatikan secara seksama data permintaan mobil tersebut mulai menunjukkan tren peningkatan.

Tidak hanya mobil merek baru atau terbilang baru tersebut saja, tetapi mobil merek-nya   yang sudah lama atau sudah lebih dahulu hadir dibelantika pasar mobil di negeri ini, namun belum sekapasitas dengan mobil yang sudah menguasai pasar,  pada saat ini juga permintaan-nya sudah mulai menunjukkan tren yang terus meningkat.

Ini membuktikan bahwa, konsumen yang sebelumnya masih "meragukan" merek mobil tertentu tersebut, mulai mengetahui keandalan dan atau kelebihan mobil tersebut. Ditambah lagi adanya perubahan atau inovasi penampilan yang dilakukan oleh pelaku bisnis (produsen) yang memproduksinya.

Hal ini terlihat dari perkembangan permintaan atau penjualan mobil-mobil tersebut dari tahun ke tahun. Katadata.co.id, menampilkan 10 merek mobil dengan volume penjualan  wholesales tertinggi di negeri (bulan September 2023) dengan urutan;  toyota sebanyak 25.928 unit, Daihatsu sebanyak 15.009 unit, honda sebanyak 10.911 unit, suzuki sebanyak  6.502 unit,  Mitsubhisi  motors sebanyak 6.248 unit,  Hyundai sebanyak 3.103 unit, Isuzu sebanyak 2.690 unit, Hino sebanyak 2.282 unit, Mitsubhisi fuso sebanyak 2.168 unit dan wuling sebanyak 2.001 unit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun