Mohon tunggu...
ami ami
ami ami Mohon Tunggu... Lainnya - tidak ada

hobi menggambar,menyanyi, membaca,menganalisis masalah sosial dimasyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keberlanjutan Bisnis

13 Desember 2023   21:33 Diperbarui: 13 Desember 2023   21:44 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keberlanjutan bisnis merupakan upaya yang dilakukan sekelompok orang dalam suatu bisnis untuk mempertahankan dan membuat bisnis terus berlanjut dalam jangka pendek dan jangka panjang. Upaya yang dilakukan sekelompok orang dalam bisnis adalah dengan melaksanakan tugas yang telah dibebankan sesuai keahlian dan tujuan dalam menopang bisnis untuk tetap berdiri di tengah banyaknya para pesaing dan perubahan zaman. Sekelompok orang yang mengupayakan keberlanjutan bisnis  yakni pemilik bisnis, karyawan, mitra kerja dan bantuan dari pemerintah yang memberikan peraturan agar bisnis dapat terarah dan teratur serta tidak merugikan masyarakat.

Keberlanjutan bisnis merupakan hal yang diinginkan banyak pengusaha agar usahanya terus berlanjut. Namun tidak semua usaha atau bisnis dapat bertahan dan terus berlanjut. Hal ini dikarenakan banyaknya tantangan, upaya serta pengorbanan yang harus dilakukan demi keberlanjutan bisnis. Jatuh, bangun, untung dan rugi merupakan hal yang biasa dalam bisnis. Dalam kehidupan berbisnis memerlukan jiwa yang pantang menyerah, berani belajar, berani menerapkan, berani menerima resiko, berani menghadapi tantangan dan perubahan selera konsumen dan masih banyak lagi. Apabila orang-orang di dalam bisnis tersebut memahami keadaan atau lingkungan pesaing, konsumen, masyarakat, serta alam, maka bisnis pun akan tetap berjalan. 

Dalam hal keberlanjutan, setiap bisnis besar dan yang terus berlanjut dari masa ke masa ini menerapkan 3 nilai yakni nilai sosial, lingkungan dan ekonomi ke dalam strategi bisnisnya. Hal inilah yang membuat bisnis dapat bertahan bahkan bisa terus berlanjut. Nilai sosial merupakan nilai atau pedoman yang dijadikan bisnis dalam memberikan hal yang berarti bagi masyarakat, nilai lingkungan merupakan nilai yang diikuti suatu bisnis dengan upaya menjaga alam misalnya dengan menanam pohon, dan yang terakhir adalah nilai ekonomi yakni upaya bisnis dalam mendapatkan keuntungan dengan menghasilkan produk barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen. 

Berdasarkan teori  Agustina, dkk (2022) keberlanjutan bisnis merupakan bisnis yang bisa tetap eksis dari waktu ke waktu, mampu mempertahankan nilai-nilai organisasi atau memiliki budaya organisasi yang kuat serta meraih keuntungan perusahaan yang stabil bahkan terus bisa meningkat. Jadi nilai dan budaya organisasi juga menjadi bagian penting dalam hal keberlanjutan bisnis. Adanya nilai dan budaya organisasi inilah yang membentuk sekelompok orang di dalam bisnis untuk bersikap dan berperilaku. Contoh nilai organisasi adalah bersumber pada nilai 3 yakni sosial, lingkungan dan ekonomi. Sedangkan budaya organisasi merupakan kegiatan yang ditetapkan berdasarkan nilai yang dianut suatu bisnis dan menjadi sebuah kebiasaan atau budaya organisasi. Budaya bisnis tersebut kemudian menjadi hal yang terus diturunkan secara turun-temurun kepada karyawan maupun mitra yang bekerja sama dengan bisnis tersebut.

Bisnis yang berlanjut adalah bisnis yang memiliki pemimpin atau pemilik bisnis yang  memiliki tekad kuat, mau belajar, hemat, sopan, mampu mengayomi karyawan, mampu membuat karyawan menjadi loyal dan sebagainya. Pada dasarnya bisnis juga akan berlanjut dimulai dari pendiri atau pemiliki bisnis yang memiliki visi dan misi yang kuat dalam bisnisnya. Perlunya juga seorang pemimpin memiliki sikap mau belajar baik kepada yang tua maupun yang muda, kepada karyawan maupun konsumen. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki pola pikir yang terbuka, mampu menerima perubahan dan perbedaan yang ada sehingga dapat membuat bisnis juga mampu memposisikan diri sesuai dengan perubahan dan perbedaan yang ada pada bisnis atau lingkungan bisnis. 

Jelasnya visi dan misi maka akan membuat upaya karyawan dan pemilik bisnis juga jelas dalam membawa bisnis kepada para konsumen melalui  upaya menyebarkan atau promosi, menghasilkan atau menciptakan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dan untuk mengetahui kebutuhan konsumen, diperlukan sekelompok orang untuk turun ke lapangan dan mencari tahu hal-hal yang dibuthkan konsumen. Dengan hal itu, maka produk atau jasa yang diciptakan juga dapat sesuai dengan konsumen serta dapat membuat bisnis mencapai tujuannya. Upaya tersebut merupakan bentuk strategi bisnis dalam hal keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun