Mohon tunggu...
Amhalogi
Amhalogi Mohon Tunggu... Seniman - Tendik dan Freelancer

Seorang manusia biasa; lagi sederhana. Gemar Menulis dan membaca.

Selanjutnya

Tutup

Cerbung

Amhaisme dan Teori Howard Gardner

8 Mei 2024   11:03 Diperbarui: 8 Mei 2024   12:25 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Amhaisme, seorang ayah dari dua anak, Hayyin dan Muhammad Ayyub, adalah seorang yang percaya pada potensi setiap individu untuk berkembang secara unik sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya. Dia adalah seorang yang berbakat dan tekun dalam mengembangkan pendidikan yang sesuai dengan teori kecerdasan majemuk Howard Gardner.

Dalam kesehariannya, Amhaisme tidak hanya menjadi seorang ayah yang baik, tetapi juga seorang guru di SDN Gerendong 1, sebuah sekolah dasar di desanya. Dia mempraktikkan teori Gardner dalam pendekatan pengajaran dan pembelajaran di kelasnya, memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk berkembang sesuai dengan kecerdasan yang mereka miliki.

Sebagai contoh, mari kita lihat bagaimana Amhaisme menerapkan teori kecerdasan majemuk dalam mengajar siswa-siswanya di kelas.

Hari ini, Amhaisme memulai pelajarannya dengan memberikan proyek kepada siswa-siswanya. Mereka diminta untuk membuat presentasi tentang topik yang mereka sukai, menggunakan media yang mereka pilih. Amhaisme memberikan contoh kepada siswa dengan menunjukkan presentasi video yang dibuatnya sendiri tentang kehidupan di desa.

Salah satu siswa, Rani, menunjukkan minat yang besar dalam musik dan seni. Dia memilih untuk membuat presentasi tentang perkembangan musik tradisional di daerahnya, menggunakan lagu-lagu tradisional dan lukisan-lukisan sebagai ilustrasi. Amhaisme memberikan dukungan dan bimbingan kepada Rani, membantunya mengembangkan kreativitasnya dan mengekspresikan dirinya melalui seni.

Sementara itu, anak lain di kelas, Budi, menunjukkan minat yang besar dalam matematika dan ilmu pengetahuan alam. Dia memilih untuk membuat presentasi tentang eksperimen sederhana yang menunjukkan prinsip-prinsip fisika dasar. Amhaisme memberikan Budi sumber daya dan dukungan yang dia butuhkan untuk mengeksplorasi minatnya dalam sains.

Selain Rani dan Budi, ada juga siswa lain di kelas Amhaisme yang menunjukkan kecerdasan yang beragam. Misalnya, Siti menunjukkan bakat dalam berbicara dan berkomunikasi, sedangkan Joko memiliki kecerdasan kinestetik yang kuat dan menonjol dalam olahraga.

Dengan memperhatikan minat dan kecenderungan unik setiap siswa, Amhaisme mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan menarik bagi semua siswa. Dia memanfaatkan berbagai jenis kecerdasan yang dimiliki siswa untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna dan memotivasi mereka untuk berkembang secara penuh potensi.

Seiring berjalannya waktu, siswa-siswa di kelas Amhaisme tumbuh dan berkembang sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Mereka belajar tidak hanya untuk menguasai pengetahuan akademis, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan dan kecerdasan lainnya yang mereka miliki.

Sebagai contoh, Rani, yang awalnya menunjukkan minat dalam musik dan seni, akhirnya menjadi seorang seniman yang sukses dan berbakat. Dia terus mengeksplorasi kreativitasnya melalui berbagai bentuk seni dan membuat kontribusi yang berharga dalam bidangnya.

Sementara itu, Budi, yang awalnya tertarik pada matematika dan ilmu pengetahuan alam, menjadi seorang ilmuwan yang berprestasi. Dia menggunakan kecerdasannya dalam sains untuk melakukan penelitian dan menemukan solusi untuk masalah-masalah dunia nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerbung Selengkapnya
Lihat Cerbung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun