Perawat adalah tenaga profesional yang bekerja dalam bidang kesehatan yang memiliki keahlian dalam memberikan perawatan dan pengobatan kepada pasien. Perawat di rumah sakit memiliki tugas utama untuk merawat pasien dengan cara memantau kondisi pasien, memberikan obat, merawat luka, memastikan asupan nutrisi dan cairan benar-benar tepat untuk pasien, serta membantu dalam pemulihan fisik dan mental pasien. Selain itu perawat juga bertanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada pasien dan keluarga mengenai kondisi medis dari pasien, perawatan yang diperlukan oleh pasien, dan juga menjelaskan upaya pencegahan penyakit. Selain itu perawat bekerja sama dengan tim medis lainnya untuk berperan penting dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan pasien. Perawat juga mendokumentasikan semua kegiatan perawatan yang dilakukan kepada pasien. Semua hal tersebut dilakukan oleh perawat supaya pasien dapat kembali pulih dan sehat. Namun nyatanya dalam usaha untuk membantu proses penyembuhan pasien, seorang perawat tidak hanya sekedar melakukan tindakan perawatan namun juga melakukan komunikasi dan juga pendekatan batin kepada pasien.
Komunikasi yang baik kepada pasien sangat diperlukan karena dengan adanya komunikasi yang baik antara perawat dengan pasien akan membuat pasien merasa nyaman dan dihargai. Dalam kegiatan komunikasi tersebut perawat tidak hanya mendengar apa yang dikatakan oleh pasien namun juga memahami perasaan pasien dibalik kata-katanta tersebut. Selain itu perawat perlu menjelaskan kondisi pasien dengan cara yang mudah dipahami, perawat juga perlu menjelaskan prosedur medis atau perawatan yang akan diberikan kepada pasien dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami. Dengan begitu pasien akan lebih mengerti dan tidak bingung. Sehingga dengan cara tersebut  pasien akan lebih percaya dan dekat dengan perawat, yang tentunya sangat penting dalam proses penyembuhan.
Selain komunikasi, perawat juga harus memperhatikan perasaan pasien. Setiap pasien bisa merasakan hal yang berbeda terhadap penyakitnya, ada yang merasa takut, cemas atau bahkan stres. Perawat harus bisa melihat perasaan pasiennya tersebut dan memberikan dukungan yang sesuai kepada mereka. Selain itu perawat juga harus memperhatikan kondisi emosional pasuen secara keseluruhan. Semua hal tersebut dilakukan seorang perawat agarpasien merasa lebih baik, baik dari segi fisik maupun mentalnya, sehingga proses penyembuhan pasien bisa lebih cepat dan efektif.
Dalam pengamatan yang saya lakukan di Rumah Sakit Universitas Airlangga terlihat begitu banyak perawat yang sedang melakukan penanganan kepada pasien. Ada perawat yang sedang melakukan penanganan dan perawatan langsung kepada pasiennya, ada juga perawat yang sedang menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan dalam proses penanganan pasien. Dalam menangani pasien tampak perawat tersebut berkomunikasi dengan sangat baik kepada pasiennya. Perawat tersebut menangani pasien dengan sangat sabar dan penuh perhatian. Perawat tersebut berusaha mengerti apa yang dirasakan oleh pasien tersebut, sehingga pasien merasa nyaman dan merasa dimengerti sehingga proses pengobatan dapat dilakukan dengan baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H