Citra shoppe
Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura yang dimiliki oleh Sea Limited, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina
Shopee juga merupakan sebuah platform yang disesuaikan untuk tiap wilayah dan menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat.
Target pasar Shopee adalah perempuan. Hal ini karena pengguna e- commerce di Indonesia didominasi oleh perempuan, terutama perempuan usia muda. Shopee fokus kepada kebutuhan-kebutuhan perempuan seperti produk kecantikan, fashion. Brand ambassador dari shopee ini sendiri adalah Christiano Ronaldo, Blackpink, Red Velvet, got7, Stray kids, Joe Taslim, Didi Kempot, Jhakie chan dan shopee juga menggunakan BA Amanda Manopo (andin) Arya Saloka (Al) yang membuat perempuan muda bahkan ibu ibu tertarik dengan shopee, karena padaa saat itu ikc (ikatan cinta) sedang populer di khalangan ibu ibu dan tidak sedikit juga remaja nya.
citra perusahaan shopee ini sendiri di bangun oleh karyawan nya yang mengupload ke media sosial mereka dan mengatakan bahwa kerja di perusaan shopee sangat enak dan seru sehingga khalayak sangat tertarik untuk bekerja di perusaan shopee, namun 2022 lalu citra shopee di hancurkan karena Perusahaan induk Shopee, Sea Group, kembali mengalami peningkatan kerugian pada kuartal I-2022 menjadi US$580,1 juta. Jumlah ini setara dengan Rp8,52 triliun (kurs US$1 = Rp14.688). Kerugian tersebut meningkat 37,43% dibandingkan kuartal I-2021 (year-on-year/yoy) di mana kerugiannya sebesar US$422,1 juta. sehingga pada tahun itu terjadi phk besar-besaran yang membuat citra shopee memburuk. Perlu di ketahui shopee adalah situs berbelanjaan yang bisa di bilang lumayan murah, dan akan selalu ada diskon di setiap hari hari besar, bukan Cuma hari besar saja shopee juga suka mengadakan diskon bulanan di setiap tanggal cantik nya seperti 1.1 2.2 3.3 dll dan shopee ini juga salah satu aplikasi berbelanja yang sering menggunakan strategi gratis ongkir yang membuat khalayak akan terus dan selalu mengunjungi shopee. Walaupun pada tahun 2022 shopee sempat mengalami kerugian besar namun pengguna shopee di negara negara lain masih sangat banyak termasuk di indonesia yang membuat perusahaan shopee ini bangkit kembali, namun  perusahaan  ini tidak se menggemparkan seperti sebelum sebelum nya.
Kehadiran Shopee saat ini mulai bisa digantikan dengan adanya Tokopedia akibat persaingan usaha, yaitu aplikasi yang banyak digunakan untuk Belanja online yang serba original tersebut kini telah merambah ke dunia marketplace. Cara menggunakannya pun tergolong mudah, hanya dengan membuat akun dan mendaftar, Anda bisa langsung mencoba fitur belanja atau menjual barang yang telah disediakan oleh Tokopedia.
Tokopedia bisa menjadi pesaing terbesar Shopee karena harga barang di Tokopedia jauh lebih standard dan original daripada harga barang pada Shopee yang jauh lebih mahal namun terkadang bukan produk original, oleh karena itu Tokopedia memberikan subsidi harga pada barang-barang yang dijualnya. Hal ini membuat Shopee rasanya harus berhati hati dengan Tokopedia sekaligus pesaing terbesarnya, Tokopedia bisa saja merebut pasar belanja online agar setia dengan platform e-commerce dari Shopee. yang menjadi kelemahan shopee yaitu karena oknum oknum yang sering memalsukan barang dagangan nya, yang seharus nya dengan harga segitu sudah mendapatkan barang ori namun sebagian oknum ini menjual dengan barang palsu bahkan ada beberapa yang menjual barang oplosan (itu hanya oknum tidak bertanggung jawab), seharus nya shopee lebih tegas dalam menghadapi situasi ini, untuk memblockir dan kalau perlu menggunakan pihak berwajib agar mereka (oknum tidak bertanggung jawab) yang menjual barang palsu atau mempunyai tujuan menipu itu jera.dan tidak banyak pengguna yang kecewa hanya karna oknum oknum tidak bertanggung jawab karna citra shoppe ini juga di bangun oleh penjual penjual yang ada di shoppe tersebut
Tokopedia menggunakan BA black pink dan bts yang semakin menarik pengguna shoppe untuk beralih ke tokopedia karena tokopedia tau sebagian besar pengguna applikasi berbelanjaan ini adalah kpopers yang pada saat itu memang sedang booming.
Shopee mempunyai banyak fitur fitur yang bisa di gunakan, seperti cod, shopee koin voucer cashback, shopee game Terdapat berbagai jenis game yang dapat di mainkan . Mulai dari Goyang Shopee Shopee Poli, Shopee Tanam, Shopee Potong, Shopee Candy, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada banyak sekali reward yang bisa kita peroleh dari Shopee Game. Mulai dari Shopeepay, Shopee koin, voucher, dan hadiah menarik lainnya. Yang paling inti dari semua adalah shopee mempunyai fitur spaylatter sehingga banyak pengguna yang menyukai nya karena dapat membeli barang yang ia sangat butuhkan namun ia membayar nya di kemudian hari. akan tetapi fitur ini menjadi boomerang untuk perusahaan shopee sendiri, karena banyak orang orang yang sudah menggunakan spaylatter namun enggan untuk membayar nya, hal ini juga yang menjadi faktor mengapa shopee sempat mengalami kerugian. Sangat banyak kelebihan kelebihan dari shopee ini dan tidak sedikit juga kekurangan nya karena tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk saya sang penulis mohon maaf apa bila terdapat informasi yang menurut anda tidak benar..
REFERENSI
https://pluginongkoskirim.com/brand-ambassador-shopee/
https://kumparan.com/esa-fadillah/shopee-dan-tokopedia-bersaing-kuasai-industri-e-commerce-indonesia-1zRF1OzqtFq
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/19/kerugian-induk-shopee-membengkak-jadi-us580-juta-pada-kuartal-i-2022#:~:text=Perusahaan%20induk%20Shopee%2C%20Sea%20Group,sebesar%20US%24422%2C1%20juta
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI