Mohon tunggu...
Amelia Elbazha
Amelia Elbazha Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Saya Amelia Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis di UNTAG Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Belajar Pentingnya Manjemen Inventory dan Komunikasi Bisnis Saat Magang di Nagesushi Surabaya

10 Juni 2024   10:00 Diperbarui: 12 Juni 2024   10:21 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nagesushi merupakan produsen makanan Jepang halal yang saat ini menggunakan sistem delivery online. Nagesushi berdiri sejak tahun 2012, pada awalnya Nagesushi mempunyai store dan mengangkat konsep warung kaki lima khas Jepang yang disebut yatai. Namun sejak tahun 2016 Nagesushi memulai menjalankan nagesushi dengan konsep delivery online saja.

Instagram by @nagesushi
Instagram by @nagesushi

Nagesushi sebagai solusi makanan Jepang halal dan berkualitas sehingga menjadikan halal sebagai lifestyle bagi masyarakat. Nagesushi telah menjual ribuan porsi sushi setiap bulannya untuk hadiah, rapat, sampai pernikahan. Nagesushi akan terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen. 

Magang merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari di bangku kuliah dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Sebagai mahasiswa program studi Administrasi Bisnis, saya berkesempatan untuk menjalani magang di tempat bekerja tetap saya di Nagesushi Surabaya dan di posisi admin gudang dan juga customer service.

Selama kegiatan magang berlangsung, saya menyadari bahwa manejemen inventori sangatlah penting dalam suatu perusahaan. Saya belajar tentang pengadaan bahan bagu tentang waktu yang tepat kapan kita harus memesan bahan baku , penyimpanan bahan baku agar tetap berkualitas , dan juga penyusunan laporan inventory, dengan adanya manajemen inventory persediaan bahan baku akan terkontrol dengan baik, maka tidak akan mengganggu kelancaran operasional suatu perusahaan sehingga suatu perusahaan tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Dokpri
Dokpri

Disisi lain saya juga berkesempatan magang di bagian customer service.  Dengan ditempatkannya di bidang customer service saya bisa belajar untuk mempelajari sifat sifat konsumen dan bisa memahami apa yang diinginkan oleh konsumen. Menurut saya kepuasan konsumen sangatlah penting, konsumen yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal. Mereka akan cenderung melakukan pembelian ulang dan menjadi promotor bagi produk yang biasa disebut dengan teknik pemasaran dari mulut ke mulut,  yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan perusahaan.

Walaupun terdapat kendala yang dihadapi selama melaksanakan praktik magang di NAGESUSHI, peserta magang dapat menyelesaikan praktik magang dengan baik dan lancar. Seperti seringkali terjadi misskomunikasi dengan staff lain tetap bisa diatasi dengan baik.

Salah satu hal terpenting yang saya dapatkan Ketika magang adalah bahwa pemtingnya memahami permintaan konsumen agar konsumen percaya dan melakukan repeat order. Pengalaman magang ini juga telah memberikan saya pemahaman tentang perhotungan stok bahan baku, terlebih divisi Inventory dan Custimer Service juga relevan dengan prodi Administrasi Bisnis.

Dokpri
Dokpri

Penulis : Amelia Elbazha N dan Drs. Agung Pujianto, M.M

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun