Sekarang ini kita hidup pada zaman atau era digital yang mana disebabkan karena berkembangnya teknologi secara terus -- menerus. Perkembangan teknologi ini lama -- kelamaan akan mengubah mindset atau jalan pikiran seseorang saat ia sedang melakukan sesuatu. Remaja merupakan suatu masa peralihan atau perkembangan dari masa anak -- anak menuju masa dewasa yang mana pada fase ini, individu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang begitu pesat, baik pada fisik maupun mental. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 25 Tahun 2014, remaja merupakan penduduk dengan rentang usia 10 hingga 18 tahun.
Penggunaan teknologi informasi untuk membantu perkembangan kecerdasan anak sangat penting. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik juga harus bisa untuk memanfaatkan teknologi informasi yang berkembang. Hal ini dimaksudkan agar remaja lebih kreatif dan cepat untuk memahami apa yang sedang dipelajarinya.
 2. Komputer
Komputer merupakan perangkat yang terdiri dari komponen
software dan hardware. Dengan menggunakan komputer ini, dapat membantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan fitur -- fitur yang sangat menarik dalam komputer
3. Internet
Internet merupakan layanan teknologi mengenai seluruh
aplikasi dan informasi yang dapat dimanfaatkan untuk sumber dan media pembelajaran. Keberadaan internet ini dapat mempermudah pendidik untuk mencari data dan menelusuri informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran serta untuk meningkatkan pengatahuannya. Selain itu Internet juga dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan segala tugas yang ada yang mana ketika jawaban dari pertanyaan tidak terdapat dalam buku pegangan, maka internet merupakan salah satu alernatif untuk menyelesaikan masalah
Media teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan antara lain seperi
1. Audio dan Video Player
Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik dapat menggunakan media audio dan video player yang mana dapat dilakukan dengan menayangkan video -- video yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Melalui metode seperti ini dapat membangkitkan semangat peserta didik untuk memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Komputer
Komputer merupakan perangkat yang terdiri dari komponen software dan hardware. Dengan menggunakan komputer ini, dapat membantu pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan fitur -- fitur yang sangat menarik dalam komputer
3. Internet
Internet merupakan layanan teknologi mengenai seluruh aplikasi dan informasi yang dapat dimanfaatkan untuk sumber dan media pembelajaran. Keberadaan internet ini dapat mempermudah pendidik untuk mencari data dan menelusuri informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran serta untuk meningkatkan pengatahuannya. Selain itu Internet juga dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan segala tugas yang ada yang mana ketika jawaban dari pertanyaan tidak terdapat dalam buku pegangan, maka internet merupakan salah satu alernatif untuk menyelesaikan masalah
Mencegah dampak negatif era teknologi informasi pada perkembangan remaja
Dalam penggunaan teknologi informasi, terdapat beberapa dampak negatif yang mempengaruhi psikologi anak, seperti
1) Rasa ketergantungan
Setiap stimulus yang diberikan oleh penggunanya, komputer dapat merespon stimulus tersebut karena memiliki kualitas aktraktif. Kualitas aktraktif ini menyebabkan penggunanya seakan -- akan menemukan dunia sendiri yang membuatnya merasa nyaman dan enggan untuk melepaskan dunia tersebut sehingga muncul lah rasa ketergantungan ini
2) Pornografi
Banyak yang beranggapan jika dalam internet terdapat
kumpulan situs pornografi. Pada kenyataannya, memang terdapat banyak situs pornografi di Internet. Situs ini terkadang muncul dengan sendirinya sebagai sebuah iklan. Sehingga, dampak pornografi ini sangat mengkhawatirkan orang tua yang mana anaknya merupakan pengguna internet
3) Anti Sosial
Banyak ditemui baik itu remaja maupun dewasa yang ketika
sedang menggunakan internet tidak peduli lagi dengan lingkungan sekitarnya karena mereka lebih mengutamakan komputer dan handphone nya. Tindakan ini menyebabkan mereka kurang berinteraksi dengan lingkungan disekitarnya sehingga jika dibiarkan secara terus menerus, remaja akan sulit untuk menjalin komunikasi dan membangun relasi atau hubungan dengan orang disekitarnya hingga dampak paling parahnya ialah munculnya sifat individualis dalam lingkungan remaja
4) Penipuan
Era digitalisasi ini menyebabkan perkembangan berbagai e --
commerce atau wadah yang memfasilitasi masyarakat untuk berbelanja online. Seperti shopee, tokopedia, zalora dan lainnya tidak sedikit juga yang melakukan akses jual beli di media sosial pribadi. Dalam kegiatan jual beli ini, tidak sedikit remaja yang terkena penipuan seperti barang yang tidak sesuai atau uang yang hilang
Era digitalisasi saat pandemi
Selama pandemi covid -- 19 ini terjadi beberapa perubahan
perilaku masyarakat. Digitalisasi tanpa disadari juga semakin berkembang dengan pesat yang mana salah satu faktor yang menyebabkannya yaitu diterapkannya School from home. Dengan adanya school frome home ini, membuat remaja memiliki banyak waktu untuk menjelajahi dunia internet sehingga timbulnya rasa kecanduan. Tetapi dampak positifnya dapat membuat remaja lebih lancar dalam menggunakan teknologi informasi karena adanya penggunaan virtual meeting untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H