Mohon tunggu...
AMBIYA RAHMAN HAKIM
AMBIYA RAHMAN HAKIM Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa Uneversitas Pamulang

Saya adalah orang yang mudah beradaptasi dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mendefiniskan Pemasaran Abad 21

14 Maret 2024   09:17 Diperbarui: 14 Maret 2024   09:22 884
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MEMAHAMI PEMASARAN PADA ABAD 21

      Pemasaran seperti halnya dengan ilmu pengetahuan, bersifat dinamis dan selalu mengalami perubahan. Perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan lantaran dunia bisnis sebagai induk dari pemasaran terus-menerus berubah menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman. Walaupun menggalami perubahan, pemasaran tidak dapat melepaskan diri dari tiga komponen yang selalu menyertai: konsumen, kompetitor, dan perusahaan. Ketiga komponen ini yang selalu ada dalam setiap perusahaan tentang pemasaran.

Pengertian Pemasaran

Kegiatan pemasaran sangat penting dilakukan untuk memperkenalkan juga mempromosikan produk. Oleh sebab itu, pemasaran wajib dilakukan perusahaan atau organisasi dalam jangka waktu tertentu, sesuai target yang ingin diraih. Sederhananya, pemasaran adalah kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, mempromosikan, serta mendistribusikan produk atau jasa. Beberapa ahli mengutarakan pendapatnya tentang pemasaran. Berikut tujuh pengertian pemasaran menurut para ahli:

  • Philip Kotler

Dikutip dari buku Strategi Pemasaran (2021) karya Mardia dkk, berikut pengertian pemaasaran menurut Kotler: "Pemasaran adalah aktivitas sosial dan pengaturan yang dilakukan untuk meraih tujuan tertentu, utamanya dengan membuat produk serta menukarkannya."  Konteks "menukarkan" dalam definisi di atas lebih mengarah pada upaya menukar nilai produk dengan nominal uang yang lebih besar. Secara tidak langsung, Kotler menjelaskan bahwa tujuan utama pemasaran ialah pembelian produk oleh calon konsumen. 

  • Jay Abraham 

Ia mendefinisikan pemasaran sebagai media untuk mencapai kesuksesan dengan memberi pelayanan terbaik kepada konsumen. 

  • William J. Stanton 

Menurutnya, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan bisnis yang mencakup perencanaan dan penentuan harga produk, beserta promosi dan distribusinya. 

  • Basu dan Hani 

Dilansir dari buku Manajemen Pemasaran (2022) Atika Aini Nasution dan Bambang Sutejo, berikut pengertian pemasaran menurut Basu dan Hani: "Pemasaran adalah aktivitas perencanaan dalam pengelolaan barang hingga promosi dan distribusinya, untuk memperoleh laba."

  • John Westwood 

Ia mengartikan pemasaran sebagai usaha terpadu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, berikut dengan pemberian keuntungan atau laba kepada perusahaan. 

  • Hair dan Mc. Daniel 

Pengertian pemasaran menurut mereka adalah perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, termasuk penetapan harga promosi, distribusi, gagasan, barang dan jasa. Tujuan akhirnya, yakni menciptakan serta memuaskan kebutuhan konsumen demi tercapainya cita-cita organisasi. 

  • Tung Desem Waringin 

"Pemasaran adalah media untuk mengomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi."

Apa yang di Pasarkan?

Ada sepuluh tipe intensitas yang dipasarkan oleh orang pemasaran:

  • Barang

Barang-barang fisik merupakan bagian terbesar dari usaha produksi dan pemasaran kebanyakan negara.

  • Jasa

Ketika ekonomi maju semakin banyak porsi aktivitas ekonomi yang berfokus pada produksi jasa.

  • Acara

Pemasaran memperoleh acara berdasarkan waktu, seperti pameran dagang, pertunjukan seni dan ulang tahun perusahaan. Acara olahraga dunia seperti olimpiade dan piala dunia di promosikan secara agresif baik kepada perusahaan maupun penggemar.

  • Penggalaman

Dengan memadukan beberapa jasa dan barang, sebuah perusahaan dapat menciptkan, memamerkan pengalaman.

  • Orang

Pemasaran selebriti adalah bisnis yang besar. Artis, musisi, CEO, dokter, pengacara, dan ahli keuangan kelas atas dan propesional lainnya di bantu orang pemasaran selebriti.

  • Tempat

Kota, negara bagian, kawasan dan seluriuh bangsa bersaing untuk menarik turis, pabrik, kantor pusat puerusahaan, dan pemukiman baru. Pemasaran tempat mencakup spesialis pengembangan ekonomi, agen real estate, bank komersial, asosiasi bisnis lokal serta agen periklanan dan hubungan masyarakat.

  • Properti

Properti adalah kepemilikan tak berwujud atas properti yang sebenarnya (real estate) atau property finansial ( saham dan obligasi).

  • Organisasi

Organisasi secara aktif bekerja untuk membangun citra yang kuat, disukai dan unik di benak publiknya.

  • Informasi

Informasi adalah apa hal yang dihasilkan, dipasarkan dan didistribusikan oleh buku, sekolah dan produk universitas dengan harga tertentu kepada orang tua, siswa dan komunitas.

  • Ide

Setiap penawaran pasar menangandung sebuah ide/ gagasan dasar.


 TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN

  • Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran.

Tugas pertama adalah mengidentifikasi potensi peluang jangka panjangnya sesuai dengan pengalaman pasar dan kompetensi. Apapunarah yang dipilihnya, harus dapat mengembangkan pemasaran kongkret yang merinci strategi dan taktik pemasaran yang maju.

  • Menangkap pemahaman atau gagasan pemasaran.

Memerlukan sebuah sistem informasi pemasaran yang terpercaya untuk memantau lingkungan pemasarannya dan juga memerlukan riset pemasaran yang dapat diandalkan. Untuk mengubah strategi pemasaran menjadi program pemasaran.

  • Berhubungan dengan pelanggan.

Harus mempertimbangkan cara terbaik untuk menciptakan nilai untuk pasar sasaran yang dipilih untuk mengembangkan hubungan jangka panjang yang kuat dan menguntungkan dengan pelanggan. Hal yang harus dilakukan adalah memahami pasar konsumen.

  • Membangun merek yang kuat.

Harus memahami kekuatan merek dari sudut pandang pelanggan memperhatikan pesaing agar dapat mengantisipasi langkah pesaing dan mengetahui bagaimana bereaksi secara cepat dan pasti.

  • Membentuk penawar pasar.

Inti dari program pemasaran adalah penawar produk perusahaan yang berwujud yang mencakup kualitas, produk, desain,fitur dan kemasan,untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Penetapan harga sangat penting untuk dan harus sesuai dengan nilai tawaran konsumen agar tidak beralih ke produk lain.

  • Menghantarkan nilai

Harus menentukan bagaimana dapat menghantarkan kepada pasar sasarannya nilai yang terkandung dalam produk dan layanannya. Dapat memahami pasar dan memahami berbagai macam tipe pengecer,pedagang grosir,distributor barang agar dapat mengambil keputusan.

  • Mengkomunikasikan nilai

Harus melakukan komunikasi tepat sasaran kepada pasar sasaran nilai yang terkandung dalam produk dan layanannya. Memerlukam program yang terintegrasi yang selanjutnya dapat menyusun program-program komunikasi massa yang terdiri atas iklan,promosi penjualan,acara dan hubungan masyarakat serta merencanakan komunikasi personal dalam bentuk pemasaran langsung yang imteraktif,dan juga merekrut,memotivasi wira niaga.

  • Menciptakan pertumbuhan jangka panjang

Harus memulai mengembangkan,pengujian dan peluncuran produk baru sebagai bagian dari visi jangka panjang dan perlu mempertimbangkandan peluang dan tantangan global yang terus berubah.Terakhir,membentuk suatu organisasi pemasaran yang mampu mengimplementasikan rencana pemasaran.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun