Mohon tunggu...
Amatus Melsasail
Amatus Melsasail Mohon Tunggu... Penulis - mahasiswa

saya orang sabar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Humanisasi

27 Oktober 2022   19:37 Diperbarui: 27 Oktober 2022   19:48 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi hominisasi yang saya lakukan pada tanggal 23 oktober 2022 mempunyai beberapa tahap yang harus dikerjakan sebelum dan sesudah hari H yakni, tugas pra gladi dimana siswa/I bebas memeilih salah satu tema dari 7 yang sudah di tentukan. Kumpulkan kedalam gform dan akan mendapat jadwal kelompok. Setel;ah hari H kami wajib mengikuti rangkai acara dengan tertib yang saya dapat dari gladi hominisasi ini adalah cara bersikap dan berpikir kritis, membentuk percaya diri, menambah wawasan baru, menambah relasi, dan mendapat sertifikat gladi hominisasi.

Banyak value yang dapat saya ambil dari gladi hominisasi ini. Diantaranya menatar mental untuk berani mengambil keputusan, berani bersuara meski pendapat tidak di pakai karena setidaknya karakter keberanian kita diasah dalam dinamika kelompok dan tugas-tugas yang diberikan mengingkatkan kembali bawah beberapa diantara kita harus melestarikan contoh kue tradisional, permainan tradisional, bahasa daerah, dan yang berbau tradisional. Terkadang manusia lupa dengan hal-hal lama karerna terbuai dengan zaman now, melalui gladi ini saya diingatkan pada kekayaan dunia khususnya Indonesia. Bahwa Negara Indonesia adalah Negara maritim yang kaya akan sumber daya alamnya.

Dari  gelada hominisasi yang saya ikuti peluang untuk manusia berkembang itu ternyata dengan cara percaya diri, ketika manusia mempunyai percaya diri yang tinggi ia akan melakukan dengan focus dan sungguh-sungguh. Nyatanya banyak anak yang mempunyai potensial tinggi tetapi kurangnya rasa percaya diri, dengan adanya gelada hominisasi ini membentuk semua peserta untuk mempunyai percaya diri meskipun dengan cara yang masih dikatakan basic tetapi upaya untuk mencoba keluar dari zona nyaman mereka sudah mulai terlihat. Contohnya keberanian orang dalam mempresentasikan tugas dinamika dalam kelompok. Muncul pengalaman baru atas keberanian bicara didepan orang banyak. Bukan sesuatu hal yang mudah tetapi dengan adanya acara yang melatih kita dapat menunjukan bahwa setiap dari kita bisa asalkan percaya.

Pada akhirnya besar harapan saya untuk gladi hominisasi terus dilakukan agar banyak orang yang dapat terlibat sehingga mereka dapat survive mengenai tujuan gladi hominiasi yang didalamnya terdapat banyak dinamika yang menguntungkan bagi para peserta. Tidak sampai disitu banyak value yang dipetik setelah mengikuti gladi hominisasi ini. Serius tapi seru, dua kata itu menggambarkan seluruh rangkaian gladi hominisasi yang saya ikuti hari minggu kemarin. SWOT sesuatu yang dapat saya terapkan dalam dunia perkuliahan saya, dimana dalam menganalisis sesutatu harus disusun terlebih dahulu. Sehingga metode ini memampukan saya untuk mempersiapkan segala Sesutu dengan sebaik mungkin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun