Mohon tunggu...
Amaranggana Ratih Mradipta
Amaranggana Ratih Mradipta Mohon Tunggu... Lainnya - history graduates, bachelor of literature

culture, culinary, events and travel enthusiast.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Makmur Chicken and Soda, Idola Baru Burger di Jogja

23 Desember 2022   09:45 Diperbarui: 23 Desember 2022   09:52 5930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
menu pesanan saya dan teman saya (sumber: dokumentasi pribadi)

Siang itu saya diajak oleh teman saya untuk makan burger yang enak di daerah Kranggan. Awalnya saya menolak, karena saya sendiri bukan pecinta daging, bukan vegan, hanya saja jika ada pilihan lain, saya akan memilih pilihan lain. Namun teman saya ini sangat persuasif, dan meyakinkan saya kalau burgernya enak, dan menggunakan daging ayam. Saya akhirnya menyetujui, dan kami pun pergi ke daerah Kranggan, Makmur Chicken and Soda. Ternyata kita kepagian, Makmur baru buka jam 14.30, kami menunggu sekitar 30 menit, dan malah diberikan jajanan oleh staff-nya.

Setelah Makmur buka, kami pun segera memesan di meja menu. Ada dua lantai dengan pilihan indoor dan outdoor, didominasi warga putih dan biru, bangunan Makmur sangat instagram-able atau tiktok-able bagi generasi kini. Selain burger, Makmur juga punya side dish lain seperti fries, mac and cheese dan chicken strips, dengan pilihan minuman favorit soda. 

Saya memesan Megumi, burger dengan Nanban Sauce, Iceberg Lettuce dan saur tartar, sedangkan teman saya memesan Sakuragi, burger dengan chili oil, colesaw dan saus spesial Makmur. Untuk side dish, saya memesan mac and cheese, tentu saja, saya kan bucin keju, sedangkan teman saya memesan french fries dengan saus spesial Makmur. Untuk minum kami sepakat memesan feeling blue, yaitu soda dengan markisa dan blue curacao syrup. Nah, karena teman saya memesan burger+fries+soda combo, ia mendapatkan diskon Rp. 10.000.

Kami tidak menunggu terlalu lama untuk menikmati pesanan. Benar saja, burger yang disajikan berukuran besar, bahkan porsi mac and cheese dan french fries juga besar. Saya langsung jatuh cinta pada gigitan bertama! bagaimana tidak, daging fried chicken yang begitu juicy dipadukan dengan saus yang tumpah-tumpah begitu menggugah selera. Saya pun juga jatuh cinta dengan mac and cheese-nya, kejunya tidak setengah-setengah. Teman saya pun mengatakan bahwa chili oil dipadukan dengan saus spesial Makmur membuatnya tidak pedas nyelekit, pas, sangat flavorful. 

Megumi yang sangat juicy dan saus tumpah-tumpah (sumber: dokumentasi pribadi)
Megumi yang sangat juicy dan saus tumpah-tumpah (sumber: dokumentasi pribadi)

Untuk satu porsi burger dipatok harga Rp. 25.000-Rp. 28.000, side dish sekitar Rp. 8.000-Rp. 17.000 dan aneka minuman seharga Rp. 20.000. Apabila anda memesan burger+fries+soda combo seperti teman saya, maka anda akan mendapat diskon Rp. 10.000, pembayaran pun juga bisa melalui QRIS. Menurut saya, Makmur ini sangat worth it bagi anda pecinta burger dengan daging ayam, sebab anda akan kenyang maksimal. Bun burger yang tidak soggy, dipadukan dengan ayam krispi dan colesaw spesial Makmur sangat menggugah selera. Namun kritik saya sebenarnya terletak pada tempat parkir yang kurang memungkinkan, sebab langsung di trotoar dan badan jalan, sedangkan jalan Pakuningratan cukup sempit dan kerap dilalui mobil.

Saya pasti akan datang lagi ke Makmur untuk mencoba menu lain. Saya pun akan 'meracuni' teman-teman serta saudara saya untuk datang ke Makmur.

Sampai bertemu di kulineran selanjutnya!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun