Mohon tunggu...
Amanda Tri Leviasari
Amanda Tri Leviasari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Saya merupakan mahasiswa yang gemar berorganisasi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Serunya Organisasi Intra di Kampus UMY

27 Februari 2024   23:10 Diperbarui: 27 Februari 2024   23:17 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumen Pribadi

Saya Amanda Tri Leviasari, seorang Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Saya sangat gemar sekali mengikuti organisasi sejak saya duduk dibangku SMP hingga SMA, seperti OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), dan Pramuka (Praja Muda Karana).

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah kampus yang saya pilih untuk melanjutkan perjalanan mengejar mimpi saya serta menjadi tempat saya untuk belajar lebih giat di dunia perkuliahan. Tak hanya testimoni akademik berpretasi dan akreditasi yang baik, tetapi juga banyaknya organisasi intra di UMY yang membuat saya sangat merasa terfasilitasi.

Organisasi intra merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan kapasitas kemahasiswaannya melalui berbagai kegiatan yang relevan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi institut perguruan tinggi itu sendiri.

Salah satu keunggulan organisasi intra adalah gerakannya yang sudah terfokus sesuai dengan minat dan hobi masing-masing mahasiswa. UMY memfasilitasi mahasiswa dengan menghadirkan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) guna mencetak mahasiswa berprestasi. Diantaranya seperti MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam), SEA (Student English Activity), Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Sunshine Voice, dan lain sebagainya.

Saya mengikuti beberapa organisasi intra yang ada di UMY, salah satunya yakni PSM Sunshine Voice UMY. Awalnya saya kira hanya untuk melatih skill bernyanyi saja. Namun, banyak hal yang saya dapatkan. Mulai dari belajar mengenai bagaimana cara bernafas yang benar dalam bernyanyi, belajar mengenai intonasi, nada, dan banyak hal mengenai seni music didalamnya.

Dengan bergabung dalam organisasi intra di UMY, saya sebagai mahasiswa juga dapat merasakan serunya berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, seperti seminar, workshop, pelatihan, dan kegiatan sosial. Selain itu, organisasi intra juga memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan sosial, membangun hubungan yang baik dengan sesama mahasiswa, serta merasakan pengalaman berharga selama masa perkuliahan di UMY.

Dalam lingkungan kampus, organisasi intra bagaikan miniatur negara yang tidak lepas dari panggung politik. Mahasiswa yang aktif dalam organisasi intra dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, berkolaborasi dengan mahasiswa lain, serta mengasah kemampuan organisasi dan memanajemen waktu yang baik antara perkuliahan dan organisasi.

UMY juga tidak pernah lupa memberi apresiasi kepada mahasiswa yang berbakat. Terutama mahasiswa yang mengharumkan nama kampus melalui lomba -- lomba yang mereka tekuni di UKM. Salah satunya ialah memamerkan pretasi mahasiswa di banner utama di jalan masuk UMY.

Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar kampus muda mendunia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini, karena di tempat inilah saya bisa berekspresi dan berprestasi sebanyak -- banyaknya dengan dukungan yang sangat penuh dari seluruh civitas kampus serta fasilitasnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun