Memasuki pesta demokrasi di Indonesia, para kandidat capres mulai memasang strategi seperti kampanye yang menarik agar masyarakat Indonesia memilih kandidat capres tersebut. Â Selain itu, para capres berlomba-lomba melakukan pemasaran politik di media sosial, karena media sosial merupakan platform yang sedang digandrungi oleh semua orang.Â
Seperti kandidat capres nomor urut 02, Prabowo-Gibran saat ini sangat menarik dibicarakan mengenai pemasaran politiknya, karena mereka melakukan pemasaran politik di media sosial yang dinilai sangat bagus untuk menarik lebih banyak dukungan dari masyarakat. Prabowo-Gibran memiliki strategi dengan aktif di media sosial, viralnya lagu "Oke Gas 2 Tabrak-Tabrak Masuk" sukses membuat banyak orang tertarik khususnya kaum muda. Selain itu, Prabowo-Gibran membuat Videotron 3D yang tidak hanya memiliki tampilan yang luar biasa, tetapi juga sukses menarik audiens.Â
Capres nomor urut 02 ini, menampilkan visi misinya melalui Videotron 3D. Tidak hanya itu, pada acara kampanye, Prabowo sempat menggoyangkan pinggul dan melambaikan tangan, hal ini kemudian terekam di media sosial, yang akhirnya para pengguna media sosial memanggil dengan sebutan "Gemoy". Target audience capres nomor urut 02 adalah anak muda, karena hampir sebagian yang mendominasi adalah anak muda.Â
Cara tim marketing politik dalam menyentuh target audience nya dengan melakukan aksi peluncuran platform digital , serta menggunakan AI dengan karakter Prabowo-Gibran. Pesan utama kampanye yang dibangun melalui pemasaran politik di media oleh Prabowo-Gibran adalah mengoptimalkan penggunaan media sosial, mencakup pendekatan kreatif di platform seperti Instagram, TikTok, dan lainnya, serta mengedepankan kampanye di new media. Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (Fanta) Prabowo-Gibran menggunakan konten yang gemoy, lucu, dan approahable, serta memanfaatkan video sketsa bernuansa nasionalisme Prabowo di Instagram.Â
Timnya juga mengamplifikasi sebutan 'gemoy' yang viral di TikTok dan menggunakan foto ilustrasi tersebut dalam konten. Strategi kampanye pasangan calon. Pemasaran politik yang dilakukan oleh kandidat capres nomor urut 02 dapat dikatakan berhasil, hal ini dibuktikan dengan banyak masyarakat khususnya anak muda memilih paslon nomor urut 02 karena mereka tertarik dengan strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh paslon nomor urut 02. Bahkan antusias yang diberikan masyarakat sangat luar biasa.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H