Mohon tunggu...
Amanda Fathya Putri
Amanda Fathya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa aktif semester 6 yang berpengalaman dalam pengelolaan administratif serta memiliki keahlian dalam mengelola jadwal, surat- menyurat, dan dokumen resmi. Pengalaman sebagai sekretaris dalam beberapa organisasi dan kepanitiaan memperkuat kemampuan dalam hal ketelitian, komunikasi, kepemimpinan, dan pemecahan masalah. Saya senang dalam mempelajari hal baru dan berkomitmen untuk terus berkembang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengukur Kemampuan Belajar (Basic Learning Skill): Kunci Sukses Pendidikan Anak)

26 Juni 2024   20:00 Diperbarui: 26 Juni 2024   20:04 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam era saat ini, memahami kemampuan belajar dasar anak menjadi semakin penting untuk memastikan kesuksesan akademik serta perkembangan holistik mereka. Salah satu alat yang terkenal untuk mengukur kemampuan ini adalah Riley Inventory of Basic Learning Skills (RIBLS). Dikembangkan oleh Stanley Rile pada tahun 1992. Alat ini digunakan untuj membantu pendidik dan orang tua untuk mengevaluasi keterampilan dasar yang diperlukan dalam proses pembelajaran.

Mengapa Pengukuran Kemampuan Belajar Dasar Penting?

Kemampuan belajar dasar mencakup keterampilan yang sangat penting bagi keberhasilan akademik seorang anak. Berikut adalah lima keterampilan utama yang diukur oleh RIBLS:

1. Melihat Secara Selektif (Seeing Selectively) 

Keterampilan ini melibatkan kemampuan anak untuk mengamati dan menginterpretasikan urutan visual dengan benar. Hal ini penting untuk tugas-tugas seperti membaca grafik atau mengikuti instruksi visual.

2. Mendengar Secara Akurat (Hearing Accurately)

Kemampuan untuk mendengar dan mengingat informasi yang disampaikan secara lisan. Anak-anak yang baik dalam keterampilan ini dapat mengikuti instruksi lisan dengan baik dan terlibat dalam diskusi kelas dengan lebih efektif.

3. Membaca dan Memahami Kata-Kata (Reading and Understanding Words)

Keterampilan ini berfokus pada pemahaman dan pengetahuan kata-kata yang sangat penting untuk membaca, menulis, dan memahami teks.

4. Mengkoordinasikan Aktivitas Visual-Motorik (Coordinating Visual-Motor Activities) 

Mencakup kemampuan untuk mengingat dan mengulang gerakan yang telah dilihat. Keterampilan ini sangat penting untuk aktivitas seperti menulis dan keterampilan olahraga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun