BAHASA
Bahasa ( languange ) merupakan sebarang bentuk komunikasi
diantara orang -orang, baik yang bersifat verbal atau pun gerak
isyarat dan sikap, penggunaan lambang-lambang dalam
komunikasi (kamus-umumpsikologi ).
Beberapabentukbahasayangdigunakansehari-hariadalah:
*Bahasalisan
*Bahasatulisan
*Bahasatubuhatauisyarat
Perkembangan bahasa terkait dengan perkembangan kognitif,
yang Berarti faktor internal atau kongnisi sangat berpengaruh
terhadapperkembangankemampuanberbahasa
T A H A P A N P E R K E M B A N G A N
A N A K
Secara umum, perkembangan keterampilan
berbahasa pada individu dibagi kedalam
empatkomponen,yaitu:
1.Fonologi
2.Semantik
3.TataBahasa
4.Prakmatik
T A H A P A N
P E R K E M B A N G A N A N A K
Tahapan perkembangan bahasa dapat dibedakan ke
dalamtahap-tahapberikutini:
1.Tahappralinguistikataumerabag(0,3-1,0tahun)
2.Tahap holofrastik atau kalimah satu kata (1,0-1,8
tahun)
3.Tahap pengembangan tata bahasa awal (2,0-5,0
tahun)
4.Tahap pengembangan tata bahasa lanjutan (5,0-
10,0tahun)
5.Tahapkompetensilengkap(11,0tahun-dewasa)
P E R B E D A A N I N D I V I D U A L D A L A M
K E M A M P U A N D A N P E R K E M B A N G A N
B A H A S A
Menurut Chomsky ( woolfolk, dkk. 1984 ) anak
dilahirkan ke dunia telah memilki kepasitas berbahasa.
Akan tetapi seperti dalam bidang yang lain , faktor
lingkungan akan mengambil peranan yang cukup
menonjol, mempengaruhi perkembangan bahasa anak
tersebut. Mereka dengar, lihat dan mereka hayati
dalam kehidupnya sehari -hari. Perkembangan bahasa
anakterbentukolehlingkunganyangberbeda-beda.
H U B U N G A N K E M A M P U A N
B E R B A H A S A D E N G A N K E M A M P U A N
B E R P I K I R
Berpikir dan berbahasa merupakan dua aktivitas yang
saling melengkapi dan terjadi dalam waktu yang relatif
bersamaan. Seringkali di katakan oleh bayak orang
bahwa kemampuan berpikir seseorang menentukan
dan sekaligus dapat memahami dari kemampuan
bahasa nya, sebaliknya kemampuan bahasa seseorang
merupakan pencerminan dari kemampuan berfikir
seseorang.
P R O S E S P E R K E M B A N G A N B A H A S A
P E S E R T A D I D I K
Tahapan - tahapan umum perkembangan
kemampuan berbahasa seorang anak yaitu :
* Reflexsive vocalization
* Babling
* Lalling
* Echolalia
* True Speech
H A M B A T A N P E R K E M B A N G A N
B A H A S A B A H A S A
Salah satu penyebab tidak di ragukan lagi paling umum dan
paling serius adalah ketidakmamapuan mendorong atau
memotivasi anak berbicara , Bahakan pada saat anak mulai
berceloteh.
Perkembangan berbicara merupakan suatu proses yang
sangatsulitdanrumit.terdapatbeberapakendalayangsering
kalidialamiolehanak,antaralain:
*Anakcengeng
* Anaksulitmemahamiisipembicaraanoranglain
U P A Y A P E R K E M B A N G A N B A H A S A
D A N I M P LI K A S I N Y A B A G I
P E N D I D I K A N
Agar kemampuan berbahasa remaja dapat berkembang secara
optimal,se
jak dini anak perlu di perkenalkan dengan lingkungan
yang memiliki kemampuan berbahasa yang variatif.situasi yang
menunjang perkembangan bahasa juga perlu diciptakan dan
dikembangkan oleh para guru di sekolah.Di sisi lain, masyarakat
perlu memberikan dukungan yang bersifat kondisi psikologis dan
sosiokultural bagi perkembangan bahasa remaja.Lingkungan
kelurga, sekolah,maupun masyarakat sangat perlu menciptakan
suasanayangdapatmembesarkanhatiataumendoronganakatau
remajaatauberanimengkomunikasikanpikiran-pikirannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H