Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang amat luas. Wilayah luas menghadirkan tanggungjawab besar pula. Bagaimana caranya agar setiap daerah yang ada di Indonesia mengalami perkembangan yang merata.Â
Namun, kenyataannya di lapangan hal itu tidak dapat dilaksanakan dengan mudah. Masih banyak daerah yang termasuk ke dalam kategori 3T yaitu Terdepan, Tertinggal, Terluar .Â
Daerah terdepan dan terluar adalah daerah-daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah negara lain.Â
Sementara daerah tertinggal ditetapkan berdasarkan kriteria tertentu.
Terdapat 6 kriteria yang membuat suatu
daerah digolongkan ke dalam kategori daerah tertinggal, yaitu :
- perekonomian masyarakat,Â
- sumber daya manusia,Â
- sarana dan  prasarana,Â
- kemampuan keuangan daerah,Â
- aksesibilitas, dan karakteristik daerah.
Hal ini seharusnya menjadi kepedulian kita bersama karena anak-anak di pedalaman juga berhak atas akses pendidikan yang layak. Namun Pemerintah juga lebih memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di pedalaman dan untuk mengatasi masalah akses pendidikan bagi anak pedalaman, diperlukan upaya yang komprehensif dan kolaboratif. Pemerintah juga perlu memprioritaskan pembangunan infrastruktur pendidikan di daerah pedalaman NTT, seperti pembangunan sekolah, pelatihan guru, penyediaan materi pembelajaran yang relevan dengan konteks lokal, dan meningkatkan kesejahteraan dan relevansi kurikulum bagi guru di pedalaman NTT agar mereka dapat memberikan pendidikan yang lebih baik kepada anak-anak di daerahnya.Â
Nama             : Amanda yuni alifah
Nim               : 34202300001
Mata kuliah       : Pengantar Ilmu Pendidikan