Mohon tunggu...
Amanda ZafiraWijaya
Amanda ZafiraWijaya Mohon Tunggu... Politisi - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Prodi Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Diary

Intip Keseruan Belajar Langsung di PT AirAsia Indonesia

29 Mei 2024   16:20 Diperbarui: 29 Mei 2024   16:23 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Halo..

Aku mau sedikit berbagi keseruanku saat menggali ilmu di PT AirAsia Indonesia.

Selasa, 23 Mei 2024, hari dimana aku dan teman-teman kuliahku sangat bersemangat untuk menyambut matahari pagi. Karena di hari itu kami sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta mendapatkan kesempatan berharga untuk berkunjung ke salah satu perusahaan maskapai paling terkemuka di Indonesia yaitu PT AirAsia Indonesia.

Dengan langkah penuh antusias, kami masuk ke kantor PT AirAsia dan disambut hangat oleh beberapa praktisi PR beserta cabin crew dengan wajah yang ramah dan penuh kegembiraan.

Setelah perkenalan singkat, para praktisi PR PT AirAsia Indonesia langsung memaparkan beberapa materi yang sangat berharga, mulai dari company profile PT AirAsia hingga apa saja scope of work dari praktisi PR mereka dalam mengelola media dan krisis perusahaan.

Salah satu bagian yang paling menarik menurutku adalah Ketika Manager Public Relations & Communication dari perusahaan tersebut yaitu Mas Ageng, berturut serta secara langsung untuk memaparkan bagaimana strategi dan taktik yang dilakukan oleh praktisi PR PT AirAsia Indonesia dalam mengelola isu dan crisis.  Mas Ageng berbagi pengalaman bagaimana sulitnya menghadapi terpaan berita negatif di media dan bagaimana mengubah berita negatif menjadi kesempatan untuk memperbaiki citra dan reputasi perusahaan. Kami juga belajar mengenai pentingnya membuat konten yang menarik dan bagaimana cara menyampaikan pesan yang efektif agar tidak terjadi miss communication dengan stakeholder, baik internal maupun eksternal. Di sana, kami juga mendapatkan beberapa bingkisan dari hasil memenangkan games bersama dengan cabin crew AirAsia.

Di akhir kunjungan, kami semua merasa sangat beruntung dan berterima kasih atas kesempatan berharga yang diberikan PT AirAsia Indonesia kepada kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Karena selain mendapatkan ilmu baru, kami juga menjadi lebih paham tentang pentingnya peran PR dalam sebuah perusahaan. Tim AirAsia juga memberi kami semangat dan motivasi buat terus belajar dan berkembang di bidang yang kami sukai. Kunjungan ini menjadi pengalaman yang gak bakal terlupakan dan membuat kami sebagai mahasiswa semakin siap untuk menghadapi dunia profesional di masa depan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun