Mohon tunggu...
AMANDA FAYZA ANWARI
AMANDA FAYZA ANWARI Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWI S1 FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANJARMASIN

Gemar mendengarkan musik , menonton film , dan belajar hal baru .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengetahui Makanan Sehat dan Bergizi dengan Media Mewarnai

29 Agustus 2023   14:49 Diperbarui: 29 Agustus 2023   16:39 503
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Saat ini banyak sekali berkembang beraneka macam jenis makanan, mulai dari makanan yang di sajikan di restoran dan cafe, pedagang kaki lima, hingga makanan langsung jadi (kemasan). Namun dari beraneka ragam jenis makanan tersebut, sebagian konsumen jarang memperhatikan komposisi makanan yang mereka makan. Apalagi untuk kalangan anak-anak, mereka cenderung suka memakan makanan yang ada di area sekolah yang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Seperti yang saya lihat di TK Bunga Karamunting 2 ada beberapa anak yang membeli minuman rasa-rasa yang mengandung pewarna dan pemanis buatan, selain itu juga memakan gorengan dan permen dalam jumlah banyak.

Pada hari Senin, 15 Agustus 2023 saya melakukan kegiatan ke TK Bunga Karamunting 2. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penjelasan agar anak-anak tidak jajan sembarangan dan mengetahui mana saja makanan yang sehat serta bergizi dan mana makanan yang tidak sehat, dikarenakan anak-anak masih dalam masa pertumbuhan atau yang sering kita ketahui dengan sebutan goldenage. Pada usia goldenage otak bertumbuh secara maksimal, begitu pula pertumbuhan fisik anak.

Pemaparan materi menggunakan media power point.(dokumentasi pribadi)
Pemaparan materi menggunakan media power point.(dokumentasi pribadi)

Untuk pemaparan materi saya menggunakan media power point dan menampilkan beberapa video agar mudah dimengerti dan lebih menarik bagi anak-anak TK Bunga Karamunting 2. Untuk isi power point itu sendiri meliputi contoh jenis makanan sehat dan bergizi serta makanan yang tidak sehat. Seperti pada gambar yang saya lampirkan, itu termasuk contoh pemaparan makanan sehat dan bergizi. Saya membuat power point sesederhana mungkin agar anak-anak tidak kesusahan memahami apa yang saya jelaskan.

Menonton video singkat tentang makanan yang sehat (dokumentasi pribadi)
Menonton video singkat tentang makanan yang sehat (dokumentasi pribadi)

Selain penyampaian melalui  power point saya juga menampilkan video singkat tentang makanan sehat dan bergizi serta makanan yang tidak sehat. Alasan saya menambahkan video agar anak-anak lebih tertarik untuk menyimak penjelasannya, karena diselingi dengan gambar-gambar yang menarik. Selama video diputar, anak-anak girang karena di dalam video tersebut bukan hanya video penjelasan tapi ada nyanyiannya juga.

Anak-anak TK Bunga Karamunting 2 sedang mewarnai.(dokumentasi pribadi)
Anak-anak TK Bunga Karamunting 2 sedang mewarnai.(dokumentasi pribadi)

Setelah pemaparan materi agar anak-anak tidak bosan dan tidak lupa dengan makanan sehat bergizi dan makanan yang tidak sehat, saya mengajak anak-anak TK Bunga Karamunting 2 untuk mewarnai gambar buah-buahan yang sudah saya siapkan. Kegiatan mewarnai dilakukan sambil menanyakan perihal materi yang sudah saya sampaikan dan hasilnya anak-anak masih mengingat apa saja yang sudah saya paparkan.

Foto bersama anak-anak TK Bunga Karamunting 2 , guru dan teman-teman saya. (dokumentasi pribadi)
Foto bersama anak-anak TK Bunga Karamunting 2 , guru dan teman-teman saya. (dokumentasi pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun