Mohon tunggu...
Amalliya Wulandari
Amalliya Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo👋🏻 Perkenalkan saya Amalliya, saya mahasiswa IAIN Ponorogo Hobi saya yaitu memasak, selain itu saya juga suka travelling.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Upaya Guru Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas 5

5 Juni 2024   10:20 Diperbarui: 5 Juni 2024   10:54 29
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kedisiplinan adalah kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan. Tanpa kedisiplinan yang baik, proses pembelajaran menjadi terganggu dan tujuan pendidikan sulit tercapai. Khususnya di tingkat pendidikan dasar, seperti kelas 5, penting bagi guru dan sekolah untuk memiliki strategi yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.

Pemahaman Terhadap Kebutuhan Siswa
Penting bagi guru dan konselor untuk memahami latar belakang dan kebutuhan individu setiap siswa. Setiap anak memiliki keunikannya sendiri, dan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kedisiplinan dapat bervariasi. Guru bimbingan dan konseling menekankan pentingnya pendekatan yang holistik, di mana siswa dipandang sebagai individu yang utuh dengan kebutuhan emosional, sosial, dan akademiknya.

Pembentukan Hubungan yang Positif
Membangun hubungan yang positif antara guru/konselor dan siswa adalah langkah awal yang penting dalam upaya meningkatkan kedisiplinan. Ketika siswa merasa didengarkan, dipahami, dan dihargai, mereka cenderung lebih terbuka untuk menerima bimbingan dan konseling. Guru bimbingan dan konseling menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di mana siswa merasa nyaman untuk berbagi perasaan dan masalah mereka.

Dengan mengintegrasikan pendekatan yang holistik dan kolaboratif, guyub bimbingan dan konseling dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa kelas 5. Melalui pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan siswa, pembentukan hubungan yang positif, pengembangan keterampilan sosial dan emosional, penerapan aturan yang konsisten, dan kolaborasi antarstakeholder, kita dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan produktif bagi setiap siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun