Selama mengikuti praktik Asistensi Mengajar pada tahun ini, kami memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran berbekal mata kuliah Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Misalnya pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) materi teks resensi kami menggunakan media pembelajaran Powerpoint, pembuatan kuis menggunakan situs web Kahoot, pengumpulan tugas teks resensi menggunakan Google Classroom. Kemudian berbekal mata kuliah Dasar-dasar Penelitian kami mampu membantu siswa-siswi kelas XI-MIPA 1 dan XI-MIPA 2 menulis proposal penelitian.
Selain itu, kami membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, Prota (Program Tahunan), instrumen penilaian berbekal dari Mata Kuliah Kurikulum dan Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia serta Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Selain membuat perangkat pembelajaran, kami memperoleh masukan dari guru pamong mengenai praktik mengajar saat selesai mengajar di kelas. Selain itu, kami kembali mempelajari materi-materi waktu berada di SMA dulu.
Program studi yang ditempuh oleh kami adalah Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah dimana tujuan karir praktikan (mahasiswi) adalah menjadi seorang guru bahasa Indonesia. Melalui program ini, kami mendapat banyak pengalaman untuk menjadi seorang guru yang berkompeten.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H