Mohon tunggu...
Amalin Harum Imani
Amalin Harum Imani Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa PPG (Pendidikan Profesi Guru) Bahasa Jawa Gelombang 1 2023 Universitas Negeri Surabaya

Saya seorang lulusan S1 Pendidikan Bahasa Jawa di Universitas Negeri Surabaya. Memiliki pengalaman menjadi guru tidak tetap di Kabupaten Ponorogo. Saya aktif di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Desain Pembelajaran Apresiasi Membaca Indah Geguritan dengan Gaya Kinestetik

23 Mei 2024   18:00 Diperbarui: 23 Mei 2024   18:11 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membaca geguritan, sebuah bentuk puisi tradisional Jawa, tidak hanya sekadar mengerti makna dari kata-kata yang tersusun dengan indah. Lebih dari itu, geguritan adalah pengalaman yang menyentuh hati dan menggugah imajinasi. Namun, tantangan muncul ketika pendidik harus membantu siswa merasakan kedalaman geguritan ini. Di era pendidikan yang terus berkembang, diperlukan pendekatan inovatif agar siswa dapat benar-benar memahami dan mengapresiasi keindahan geguritan. Salah satu pendekatan yang menarik adalah penggunaan desain pembelajaran dengan gaya belajar kinestetik. 

Mengapa Kinestetik?

Gaya belajar kinestetik memungkinkan siswa memahami materi melalui gerakan fisik dan interaksi langsung. Dengan cara ini, siswa tidak hanya membaca geguritan secara pasif, tetapi juga mengalami keindahannya secara langsung melalui gerakan dan tindakan. Ini membuka peluang bagi pemahaman yang lebih dalam dan apresiasi yang lebih luas terhadap geguritan.

Penelitian menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan apresiasi siswa. Misalnya, sebuah penelitian oleh Smith et al. (2019) menemukan bahwa siswa yang terlibat dalam aktivitas kinestetik seperti dramatisasi geguritan atau permainan peran menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan apresiasi mereka terhadap puisi. Pengalaman langsung melalui gerakan fisik ternyata mampu memperdalam pemahaman siswa terhadap keindahan puisi.

Merancang Pembelajaran Kinestetik yang Efektif

Merancang pembelajaran kinestetik memerlukan perencanaan yang matang dan pemilihan aktivitas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pertama, penting untuk menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik. Dengan tujuan yang jelas, pendidik dapat lebih fokus dalam merancang aktivitas kinestetik yang relevan.

Aktivitas kinestetik yang menarik dan kontekstual sangat penting. Misalnya, simulasi permainan peran, tari interpretatif, atau dramatisasi geguritan bisa memberikan pengalaman langsung kepada siswa dalam menginterpretasi dan mengapresiasi keindahan puisi. Selain itu, integrasi media dan teknologi juga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penggunaan video interaktif, aplikasi virtual, atau perangkat lunak khusus untuk simulasi dapat memperkaya pengalaman pembelajaran siswa dan membantu mereka lebih memahami geguritan.

Sumber: Amalin Harum Imani
Sumber: Amalin Harum Imani

Tantangan dalam Penerapan Pembelajaran Kinestetik

Walaupun memiliki banyak manfaat, pembelajaran kinestetik juga menghadapi beberapa tantangan. Salah satu tantangan utama adalah keterbatasan ruang dan sumber daya. Tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran kinestetik, seperti ruang yang luas atau perangkat teknologi yang diperlukan. Pendidik perlu mencari solusi kreatif untuk mengatasi keterbatasan ini, misalnya dengan menggunakan ruang terbuka atau mengadakan pembelajaran di luar kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun