Mohon tunggu...
Nurul Amalia
Nurul Amalia Mohon Tunggu... Lainnya - Berbagi tanpa mengurangi

Semua tulisan ini saya dedikasikan untuk semua teman-teman yang mencari sumber referensi bacaan tentang ekonomi dan hal lainnya. Kesulitan saya untuk mencari sumber bacaan yang sesuai dengan yang saya inginkan mendorong saya untuk tetap menulis di sini. Terima Kasih kepada Bapak Adhitya Wardhono yang telah mengajak mahasiswanya untuk menulis.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Ceritaku Lolos Prakerja Gelombang 36 Setelah 3X Gagal

17 Juli 2022   08:53 Diperbarui: 17 Juli 2022   09:27 628
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ini adalah pengalaman pertamaku mengikuti program “Prakerja” milik pemerintah. Hal ini dikarenakan aku baru menyelesaikan wisudaku tanggal 14 Mei 2022, jadi baru bisa mengikuti program ini karena statusku telah berganti dari “mahasiswa” menjadi “pengangguran baru” hehehe.

Sebagai pengangguran baru, aku memiliki peluang yang besar untuk lolos (kata orang-orang). Selain itu, sebagai pengangguran, aku memiliki banyak waktu luang disela-sela melamar pekerjaan. Prakerja juga menjadi ajang yang menggiurkan karena kita akan mendapat pelatihan secara gratis yang akan meningkatkan softskill. 

Selain itu, kita juga akan mendapat dana bantuan yang dapat kita gunakan untuk menerapkan ilmu yang telah kita dapat. Dengan berbagai pertimbangan tersebut. Akupun ikut!

Pendaftaran prakerja cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan KTP dan KK saja loh teman-teman. Oke, langsung aja ke langkah pertama!

1: masuk ke laman www.prakerja.go.id dan isi data diri teman-teman untuk membuat akun dengan teliti.

2: akan ada verifikasi KTP dengan memotret E-KTP. Jika proses pertama kalian lakukan menggunakan PC/Laptop, maka untuk proses foto E-KTP kalian harus menggunakan Smartphone, disini kalian akan diarahkan untuk log in ke Smartphone dan langsung memotret. TIPS untuk tahap ke-2 dari aku: pastikan KTP kalian dalam keadaan baik dan dapat terbaca dengan jelas. Jika KTP kalian rusak, langsung saja benerin ke DISPENDUK. Sekarang proses ganti E-KTP rusak sangat mudah dan cepat kok teman-teman, kemarin aku juga susah untuk memverifikasi E-KTP ku karena memang sudah buram jadi aku ke DISPENDUK untuk memperbaiki E-KTP ku dan langsung jadi.

3: kalau sudah verifikasi, kita otomatis sudah bisa masuk ke akun kita. Dan sebelum gabung gelombang, kita harus melakukan pretest. Pastikan kalian sudah menyiapkan alat tulis dan kalkulator ya, ada 27 soal yang harus kalian kerjakan. Soalnya meliputi berhitung dan psikotest.

4: Langsung aja gabung ke Gelombang yang sudah tersedia di menu dashbord. Kalau belum tersedia? Tunggu aja dan jangan lupa terus pantengin IG Prakerja ya, biar gak ketinggalan info kapan gelombang selanjunya dibuka.  Kalau sudah gabung ke Gelombang, tampilan dashbord akan seperti gambar di atas.

Namun, bagaimana kalau gagal? Kalau gagal ya harus nunggu gelombang berikutnya untuk gabung kembali. Aku pribadi gabung pada gelombang 32 hingga 34 gagal terus. Selanjutnya di gelombang 35 aku tidak ikut karena ada keperluan mendesak yang membuatku tidak bisa memantau info pembukaan gelombang ke-35. Balik lagi, aku gabung di gelombang 36 dan here we go! Aku lolos yeeyyy. Tampilannya akan seperti ini ya kalau lolos:

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun