Strategi Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs
Oleh
Amalia Shinta Defi
Pendidikan Islam di Madrasah Tsanawiyah (MTs) memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan pemahaman agama siswa. Namun, tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan minat belajar di kalangan siswa sering kali menjadi kendala yang signifikan.
 Banyak siswa yang menunjukkan kurangnya antusiasme terhadap pembelajaran pendidikan Islam, yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti metode pengajaran yang monoton, kurangnya relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari, dan minimnya interaksi antara guru dan siswa.
Di era digital saat ini, di mana informasi dapat diakses dengan mudah melalui teknologi, pendekatan tradisional dalam pengajaran mungkin tidak lagi efektif. Siswa yang tumbuh dalam lingkungan yang dipenuhi dengan teknologi cenderung mencari pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.Â
Oleh karena itu, penting bagi lembaga pendidikan, terutama MTs, untuk mencari strategi yang inovatif dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Program "Kelas Inspirasi" diusulkan sebagai solusi untuk menghadapi tantangan ini. Dengan memadukan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif, program ini bertujuan untuk menjadikan pendidikan Islam lebih menarik dan relevan bagi siswa.Â
Melalui pendekatan yang melibatkan proyek, workshop, dan penggunaan teknologi, diharapkan siswa dapat lebih bersemangat dalam belajar dan memahami nilai-nilai Islam dengan cara yang menyenangkan. Dari yang sudah dijelaskan diatas, terdapat beberapa strategi yang penulis paparkan, sebagai berikut:
1.Pembelajaran Berbasis Proyek
Siswa diajak untuk melakukan proyek berbasis tema-tema Islam, seperti pembuatan buku cerita tentang tokoh Islam atau perencanaan acara keagamaan. Ini membuat pelajaran lebih relevan dan menarik.