Mohon tunggu...
Amalia Puspita Putri Nugraheni
Amalia Puspita Putri Nugraheni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nyanyi, nonton & renang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Ekonomi Makro terhadap Strategi Pemasaran dalam Era Digital

3 Juni 2024   11:00 Diperbarui: 3 Juni 2024   14:32 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan 

Di era digital, fluktuasi ekonomi dan teknologi berdampak pada strategi pemasaran. Ekonomi makro melibatkan kondisi nasional yang memengaruhi bisnis. Teknologi digital memperbarui cara pemasaran dilakukan melalui media sosial, mobile, dan internet. Keduanya mengubah strategi pemasaran untuk memperhitungkan perubahan ini.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai Pengaruh Ekonomi Makro terhadap Strategi Era Digital.

Pembahasan 

Di era digital, fluktuasi makroekonomi memiliki dampak pada strategi pemasaran. Makroekonomi adalah studi yang komprehensif tentang partisipasi tenaga kerja, produktivitas, struktur, dan proses analisis masalah ekonomi nasional. Jenis ekonomi ini juga menangkap perubahan dalam GDP nasional (produk domestik bruto) serta inflasi, deflasi, kebijakan, investasi, dan depreciasi bagian relatif pemerintah dalam kaitannya dengan GDP, monetaris, dan pengangguran. 

Fluktuasi makroekonomi memiliki potensi untuk berdampak negatif pada bisnis dan kebijakan pemerintah, yang akan menyebabkan kelelahan karyawan. Ini berarti bahwa faktor makroekonomi dapat dilihat dalam berbagai cara di era digital, seperti perilaku konsumen, nilai tukar mata uang, dan penetrasi pasar.

Tidak hanya itu, teknologi digital juga memiliki dampak pada strategi pemasaran di era digital. Strategi pemasaran digital dapat meningkatkan standar hidup bagi pemilik bisnis. Menggunakan teknologi digital, seperti pemasaran media sosial, pemasaran mobile dan internet, dan aplikasi pemasaran offline, telah menjadi penting untuk promosi bisnis dan pemasaran di era digital. Dalam bidang penjualan, praktik teknologi harus mampu mengubah teknologi menjadi media untuk promosi bisnis dan penjualan karena, sebagai hasilnya, kegiatan penjualan di era digital saat ini telah mengalami perubahan yang luar biasa.

Kesimpulan

Dampak teknologi digital dan makroekonomi pada strategi pemasaran di era digital sangat besar. Dalam ekonomi makro, kondisi ekonomi nasional dan kebijakan pemerintah memiliki dampak negatif pada strategi makroekonomi. Di sisi lain, di dunia digital, kemajuan teknologi telah mengubah cara strategi makroekonomi diimplementasikan, dengan fokus pada mikromanagement melalui berbagai platform digital.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun