TUJUAN WORKSHOP :
Meningkatkan wawasan dan kompetensi para mahasiswa sebagai calon Fasilitator dalam hal :
- Kemampuan merencanakan dan mengembangkan program pelatihan/fasilitasipenanaman nilai-nilai Olimpisme sesuai kebutuhan dengan berbagai latar belakang peserta.
- Mampu mensosialisasi & memfasilitasi program penanaman nilai-nilaiOlimpisme secara efektif sesuai prinsip dan konsep belajar-mengajar /fasilitasi yang tepat dan efektif
PENTINGNYA SALING MENGENAL :
Saling mengenal antar peserta sangat penting dalam proses penanaman nilai-nilai Olimpisme, karena :
- Keterbukaan akan mempermudah proses belajar
- Suasana informal menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan lebih produktif
- Mengenal seseorang adalah bentuk dari penghargaaan terhadap orang lain
Teori/Konsep Belajar-Mengajar :
- Pengertian belajar mengajar
Proses untuk mengubah perilaku, melalui aktifitas / kegiatan yang dapat menambah, mengubah,mengembangkan :PENGETAHUAN (Knowledge)
- KETRAMPILAN (Skill)
- SIKAP (Attitude)
- Dua Konsep Dasar Dalam PendekatanBelajar – Mengajar Berdasarkan Objek/peserta
a. PAEDAGOGI
Ilmu dan Seni Dalam Mengajar Anak. Prinsipnya :
· Proses Belajar Mengajar dari Orang Tua (Guru) kepada Anak (Murid)
· Tujuan Proses Bersifat Mentransmisikan Pengetahuan
· Dititikberatkan pada Pengetahuan / Konsep / Teori (Knowledge), bukan kepada Ketrampilan (Skill) atau Sikap (Attitude)
· Hasil Pendidikan Sepenuhnya Tanggung Jawab Orang Tua / Guru
· Bantuan Guru Terhadap Murid Sangat Dominan, Mengingat Murid Dianggap Mempunyai Kepribadian yang Sangat Tergantung Kepada Pihak Lain
b. ANDRAGOGI
Ilmu dan Seni Dalam Membantu Orang Dewasa Belajar . Prinsipnya :
Hasil Belajar : “Perubahan Perilaku Setelah Proses Belajar”
Prinsi belajar bagi orang dewasa adalah :
1. Belajar bila merasa “ perlu “
2. Belajar sambil bekerja
3. Materi realistis dan relevan dengan kebutuhan
4. Menghubungkan materi dengan pengalamannya
5. Membutuhkan lingkungan yang informal dan kondusif (pendekatan simulasi)
6. Tertarik billa materi menarik (dituntut optimalisasi media belajar yang optimal)
Terminologi :
Paid : Anak
Andr : Orang Dewasa
Agogos : Membimbing / Memimpin
- Dua Konsep Dasar Dalam Pendekatan Belajar - Mengajar Berdasarkan Prosesnya
a) CONCEPTUAL LEARNING: lebih menitik beratkan pada pemahaman filosofis/ konsep/nilai dari materi pelajaran yang di berikan
b) EXPERIENTIAL LEARNING: lebih menitik beratkan pada proses pemberian pengalaman nyata (fasilitasi), dengan harapan materi pelajaran yang diberikan dapat segera di pahami dan di terapkan dalam kehidupan sehari hari
Peran Fasilitator dalam Belajar-Mengajar :
1. Makna dan peran Fasilitator