Pembelajaran di kelas di SMAN 3 Blitar tidak hanya mengandalkan metode konvensional, tetapi juga mengintegrasikan teknologi digital sebagai sarana utama dalam proses belajar mengajar. Setiap kelas dilengkapi dengan teknologi modern seperti proyektor, komputer, dan akses internet yang memungkinkan penggunaan berbagai media pembelajaran interaktif.Â
Pemanfaatan media digital ini memungkinkan guru untuk menyajikan materi pembelajaran secara visual dan dinamis, memperkaya pengalaman belajar peserta didik dengan simulasi interaktif, video pembelajaran, serta akses ke sumber informasi yang beragam dan terbaru. Hal ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, tetapi juga memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam terhadap konsep-konsep pelajaran.
Penerapan teknologi dalam pembelajaran di SMAN 3 Kota Blitar juga mencakup penggunaan platform pembelajaran digital yang memungkinkan peserta didik untuk mengakses materi pelajaran, tugas, dan penilaian secara online. Hal ini memberikan fleksibilitas bagi peserta didik dalam memanage waktu dan memperdalam pemahaman mereka sesuai dengan kebutuhan individu.
Kegiatan pembelajaran di kelas yang mengadopsi media digital di SMAN 3 Kota Blitar didesain dengan memperhatikan prinsip inklusivitas dan aksesibilitas bagi semua peserta didik.Â
Evaluasi terus-menerus dilakukan untuk memastikan bahwa penggunaan teknologi tersebut tidak hanya meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi juga memenuhi standar akademik yang ditetapkan. Salah satu pembelajaran digital yang diterapkan oleh guru sosiologi di SMAN 3 Blitar yaitu pembelajaran digital berbasis games based learning.
1. Kegiatan Pembelajaran di dalam kelas
Suasana pembelajaran di SMAN 3 Blitar semakin dinamis dengan penggunaan pendekatan inovatif yang menarik perhatian para siswa. Hal ini terbukti dari penerapan metode pembelajaran interaktif yang baru-baru ini diterapkan di kelas 10 dan 11 di SMAN 3 Negeri Blitar khususnya pada mata pelajaran sosiologi.Â
Mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) memberikan sebuah beberapa pembelajaran yang interaktif dengan menggunakan media pembelajaran digital yaitu berupa Padlet, Quizizz, Educaplay, dan Wordwall. Praktik mengajar dilakukan di 7 kelas yaitu kelas X.2, X.6, X.7, X.8, XI.8, XI.9 dan XI.10. Materi yang diberikan yaitu mengenai materi yang terdapat pada bab 4 semester 2.
"Kami sangat terbantu dengan penggunaan media digital karena materi menjadi lebih menarik dan mudah dipahami," ujar salah seorang siswa kelas XI-8, Rafly.