Mohon tunggu...
ALYYA ZAUZHA
ALYYA ZAUZHA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Salah satu hobi saya adalah membaca, saya memiliki minat yang besar dalam membaca berbagai macam buku. Membaca membantu saya untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan pemahaman saya tentang dunia, dan mengembangkan imajinasi saya. Saya juga memiliki rasa penasaran yang tinggi. Saya selalu ingin belajar hal-hal baru dan menjelajahi ide-ide baru. Saya memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang dunia di sekitar saya dan saya selalu mencari cara untuk memperluas pengetahuan saya. Saya juga senang berpikir out-of-the-box dan datang dengan solusi baru untuk masalah. Saya menikmati tantangan dan saya selalu berusaha untuk menemukan cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu. Saya juga selalu berpikiran terbuka. Saya selalu terbuka untuk ide-ide baru dan perspektif yang berbeda. Saya menghormati pendapat orang lain dan saya selalu bersedia untuk belajar dari orang lain. Saya juga memiliki topik konten favorite yaitu sains dan teknologi. Saya tertarik dengan kemajuan terbaru dalam sains dan teknologi. Saya suka membaca tentang penemuan baru dan bagaimana mereka mengubah dunia di sekitar kita. Dan saya juga suka topik konten seni dan sastra. Saya menghargai keindahan seni dan sastra. Saya suka mengunjungi museum dan galeri seni, membaca buku dan puisi, dan menonton film dan pertunjukan teater.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bahaya Tersembunyi pada Meme Provokatif

4 Juli 2024   21:55 Diperbarui: 4 Juli 2024   22:07 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di era digital ini, meme telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian banyak orang. Meme yang awalnya hanya hiburan ringan, kini menjelma menjadi alat komunikasi yang ampuh, bahkan bisa digunakan untuk tujuan provokatif.

Meme provokatif biasanya dibuat dengan menggabungkan gambar, teks, dan simbol yang sarat makna provokatif. Kontennya bisa menyindir isu politik, agama, ras, atau kelompok tertentu. Meme ini kemudian disebarkan melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Penyebaran meme provokatif ini umumnya dilakukan oleh individu atau kelompok yang memiliki agenda tertentu. Mereka memanfaatkan platform media sosial untuk menyebarkan ideologi atau kebencian kepada khalayak yang luas.

Dampak Meme Provokatif pada Masyarakat

Dampak meme provokatif pada masyarakat bisa sangat berbahaya. Meme ini dapat memicu perpecahan, SARA, dan bahkan kekerasan.

Dampak meme provokatif tak main-main. Meme ini dapat memperkuat stereotip dan prasangka negatif, memicu perpecahan dan konflik antar kelompok. Lebih parah lagi, meme provokatif bermuatan SARA dapat memicu kebencian, diskriminasi, bahkan kekerasan di dunia nyata.

Penelitian Amnesty International tahun 2021 menunjukkan peningkatan signifikan penyebaran meme provokatif di media sosial, seringkali menyerang kelompok minoritas dan perempuan. Pakar komunikasi pun angkat bicara, seperti Prof. Dr. Agus Purwanto, M.Si., yang menyebut bahwa meme provokatif dapat menjadi alat yang ampuh untuk memanipulasi opini publik.

"Meme provokatif seringkali dikemas dengan cara yang menarik dan mudah diingat, sehingga mudah dibagikan dan disebarkan oleh pengguna media sosial. Hal ini membuat meme ini menjadi alat yang efektif untuk memanipulasi opini publik," ujar Prof. Agus.

Kasus kerusuhan di beberapa kota di Indonesia pada tahun 2018 menjadi bukti nyata bahaya meme provokatif. Meme berisi ujaran kebencian dan provokasi terhadap kelompok agama tertentu memicu keributan yang tak terkendali.

Meme provokatif memang bisa memiliki sisi humor. Namun, penting untuk diingat bahwa humor yang menyinggung atau menyakiti orang lain tidak dapat dibenarkan. Bahaya meme provokatif jauh lebih besar daripada sisi humornya. Meme ini dapat merusak tatanan sosial dan memicu konflik yang berkepanjangan.

Cara Mengatasi Masalah Meme Provokatif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun