Mohon tunggu...
Alyssa Alexandra
Alyssa Alexandra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Fakultas Teknik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Edukasi Strategi Pemasaran Marketing Mix 4P dan Analisis STP oleh Mahasiswi KKN UNDIP untuk Mengoptimalkan Pemasaran Produk UMKM Tanjung Riau

14 Agustus 2022   01:43 Diperbarui: 14 Agustus 2022   02:21 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tanjung Riau, Batam (12/08/2022) -- Untuk meningkatkan pendapatan usaha, diperlukan penerapan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memperluas pangsa pasar. Untuk mendukung upaya tersebut, Alyssa Alexandra selaku mahasiswi Fakultas Teknik, Teknik Industri, dari KKN Tim II Universitas Diponegoro, melakukan sosialisasi dan edukasi terkait "Konsep Marketing Mix 4P dan Analisis STP" untuk mengoptimalkan pemasaran produk UMKM di Kampung Tua, Tanjung Riau.

Strategi pemasaran Marketing Mix 4P (Product, Place, Price, Promotion) adalah elemen kontrol terintegrasi yang dirancang perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dalam pasar sasaran. Elemen 4P tersebut saling berintegrasi seperti nama baik produk yang ditawarkan,  keterjangkauan harga, kemudahan askses untuk memperoleh produk, serta kegencaran promosi yang diterapkan dapat berpengaruh terhadap kegiatan pemasaran. Analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning) adalah strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk melakukan pembedaan produk agar memenuhi kebutuhan konsumen sesuai kelompok pasar yang telah ditentukan.

Edukasi strategi pemasaran ini dilakukan dengan sistem door to door ke UMKM di Kampung Tua, Tanjung Riau. Sosialisasi dan edukasi dilakukan dengan media poster yang menjelaskan tentang "Konsep Elemen 4P Marketing Mix dan Analisis STP". Selain itu, juga dilakukan pemasangan poster agar dapat diakses oleh pelaku usaha lainnya.

Pemberian sosialisasi dan edukasi yang telah dilakukan diharapkan dapat menambah pengetahuan serta wawasan kepada pelaku usaha agar dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, pelaku usaha dapat bersaing dengan UMKM lainnya. Sehingga, upaya pengembangan UMKM tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

Penulis  : Alyssa Alexandra

DPL        : Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.

Lokasi   : Kampung Tua, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun