Mohon tunggu...
Alya Hananti
Alya Hananti Mohon Tunggu... -

seorang plegmatis berpola pikir a la topi merah campur topi hijau rasa topi kuning. actually, i'm not good at describing myself. read my writings and maybe you'll know me more.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

China, Asmara Anak Muda, dan Itebe-itebean

20 Juni 2010   05:09 Diperbarui: 26 Juni 2015   15:25 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

PERTAMA

Siang ini, aku niat belajar fisika gara-gara abis libur lebaran langsung UTS. Jadi, mau ga mau di kampung juga aku harus belajar. Tapi sebelum mulai butek, aku nyari-nyari bahan bacaan dulu buat pemanasan otak. Liat-liat di bawah kolong meja kopi tamu, ada tumpukan majalah National Geographic Indonesia. Aku ngambil yang paling atas, edisi Mei 2008, edisi khusus yang membahas China. Hmm, coba liat-liat dulu ah. Aku buka halamannnya satu-satu, baca paragrafnya pelan-pelan. Eh, ini tumbenan loh aku baca artikel pelan-pelan, biasa cuma asal skimming, skipping, sama scanning soalnya, hehehe.

Anak-anak China ternyata berpikirnya udah maju bener. Mereka modern tapi juga religius. Sebenernya kalau mau dipikir-pikir lebih lanjut, modern sama agama itu berbanding lurus loh. Kenapa? Soalnya, di era maju kayak sekarang, orang kan pada ngejar materi trus tuh. Nah, mereka jadi ga punya waktu buat ngerenung dan memanjakan jiwa mereka sendiri. Perut mereka boleh buncit, tapi tetep aja batin mereka kering kerontang. Jadilah para urban abad 21 sekarang beramai-ramai mencari siraman rohani supaya seengganya lubang yang ada di dalam hati mereka bisa ketutup sedikit demi sedikit. Oke, aku tadi perasaan bukan mau nulis soal religiusitasnya deh, hehehe.

Mereka punya ambisi yang kuat dan cita-cita yang jelas. Mereka udah menentukan target buat masa depan mereka sendiri dan udah bikin alur hidup mereka sendiri buat mencapai target mereka itu. Yeaaaah, meskipun awal-awalnya emang kesannya mereka tuh diarak banget sama orang tua mereka buat jadi sukses, tapi ujung-ujungnya mereka nyadar kalau yang menentukan akhir cerita mereka tuh ya usaha mereka sendiri, bukan orang tua. Mereka rajin belajar, berani dan mampu bersaing, juga berpikir futuristik. We will not talk about religion, right? So, jangan singgung keimanan mereka di sini. Biar kata emang orientasi mereka tuh ke kepuasan material, tapi liat dong tekad mereka. Keren banget cara berpikir mereka yang mandiri dan lepas dari indoktrinasi-indoktrinasi komunis sosialis yang pas tahun-tahun 70an lekat banget di imej China. Keren deh pokoknya.

Satu hal yang patut dicontoh :)

KEDUA

Aku naik angkot ke kosan abis pulang dari rumah Fathkia. Ga berapa lama kemudian, naik lagi dua orang anak SMP atau SMA ga jelas lah pokoknya, kira-kira umur mereka 1-2 tahun di bawah aku. Yaaa, aku punya kuping kan, jadilah apa yang mereka omongin nyampe juga ke kuping aku.

Mereka berdua pake baju pramuka. Pas pertama-tama masuk angkot, aku kirain mereka anak organisasi manaaa gitu ya yang asyik berjibaku dengan kepanduan, PBB dan syalalala things lainnya. Aku kirain mereka bakal ngomongin, “Hey, selanjutnya manajemen acaranya mau gimana nih?” “Anggaran dari sekolah udah turun belum?” “Kaderisasi udah mau mulai nih, aku masih bingung konsep penerimaannya mau kayak gimana loh.” Eeeeeeh, ga taunya yaaa…

Konversasi dibuka sama si cewek berambut kriwil-kriwil panjang lucu, berkulit putih dan bermata tringtring. And… guess what? Dia ngomongin pacarnya dan mantan pacarnya yang sebelumnya dan mantan pacarnya yang sebelumnya dan mantan pacarnya yang sebelumnya. Oh my God. Salah nebak deh gue. Si temennya yang berambut lebih hitam legam kelam manggut manggut dan terkesannya amazed banget sama omongan temennya yang udah punya bergudang-gudang mantan. Dia cuma ngebahas kecengannya yang pernah ngelirik dia diem-diem sambil malu-malu kucing gitu, ngerasa udah kalah tanding duluan dibanding si temen berambut kriwil-kriwil lucu itu. Gosh, beginilah potret anak muda perkotaan di Indonesia. Virus asmara melanda anak-anak SMP dan SMA.

Yeaaaa, aku juga pernah lah ngalamin masa-masa kayak gitu. Cuman yah, kalo dipikir-pikir lagi tuh malu aja gitu. Aku kan masih belasan tahun, kok udah mikirin cinta kayak yang mau dikawinin besok aja sama bapak emak? Aku kan bahkan belum lulus SMP, kok udah mikirin takut kehilangan and those blablabla thingy kayak lagunya st12 aja? Oooooh, looking back, those things are sooooo dangdut.

Aku kan masih muda, harusnya otak aku yang masih fresh ini dipake buat nyerap ilmu dan informasi sebanyak-banyaknya. Aku kan masih muda, harusnya tenaga aku yang meskipun ga segede 176 horse power ini bisa dipake buat bantu-bantu orangtua di rumah atau mungkin supaya lebih gaya lagi jadi volunteer di Greenpeace gitu, hehehe.

KETIGA

Setelah ngomongin anak China dan asmara anak muda, aku ngeliat diri sendiri. Hmm, aku emang udah ga terlalu terganggu sama virus merah jamu, eh jambu atau semacamnya. Tapi aku juga BELUM punya ambisi sebesar anak-anak China atau target hidup sejelas mereka gitu (kalo target di akhirat yaudahlah ya).

Aku masih males-malesan buat belajar fisika (kayak sekarang aja nih). Nilai kimia aku masih dibawah kkm (sial banget, kurang 5 doang juga). Nilai aku yang lain juga masih belum jelas nasibnya seperti apa. Mau dibawa kemana prestasi akademis aku teh??! Pengen deh marahin diri sendiri, tapi yaa ngaruh apa gitu? Pengen ngedorong diri sendiri supaya bisa rajin lagi, nah ini baru bener.

Aku juga masih belum jelas mau masuk jurusan dan fakultas dan universitas apa kalo udah lulus SMA nanti. Masa’ langsung nyari bule terus nikah gitu? Yaiks, talking about marriage just like it’s so easy totally makes me sick. Aku kan tipe Petualang kalo di Enneagram. Aku butuh sesuatu yang bisa bikin aku passionate dalam ngejalanin hidup. Terus apa yang bisa bikin passionate itu?

Jadi dokter. Yeah, jadi dokter. Aku bukan kayak Adhel yang pengen punya rumah sakit sendiri (bahkan Adhel bilang dia ga akan nikah sebelum punya rumah sakit sendiri, I truly doubt this) atau kayak Dirga yang pengen jadi dokter berkaca pas anggota keluarga dia masuk rumah sakit semua gara-gara DBD. Aku pengen jadi dokter ya karena emang pengen nyembuhin orang. Karena emang panggilan hatinya ke situ. Seakan-akan emang fitrah aku dari Allah tuh buat jadi dokter gitu.

Tapi kan ya,aku tuh anak sulung. Dan papa bukan pegawai negeri. Jadi,otomatis aku harus masuk fakultas yang bisa bikin aku cepet kerja dan berpenghasilan cukup buat keluarga aku nanti. Jadilah aku mundur dari keinginan jadi dokter (meskipun ga rela juga sih, hikshiks). Jadilah aku memutuskan mengarah ke itebe-itebean. Pengen masuk mana? Antara FTSL, FTI dan SAPPK. Yeah, aku bahkan masih bimbang buat masuk mana

Harus cari bahan renungan lagi nih. Supaya aku bisa mantep.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun