Mohon tunggu...
Alya FathiniahRachma
Alya FathiniahRachma Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa universitas negeri jakarta

Selanjutnya

Tutup

Financial

Dampak penggunaan shopee live bagi konsumen

21 Desember 2024   19:32 Diperbarui: 21 Desember 2024   19:32 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:https://static.promediateknologi.id/crop/0x0:0x0/750x500/webp/photo/2023/08/08/shopee-bikin-greretan-endorse-banyak-selebriti-buat-promosi-shop

E-commerce atau toko online saat ini sudah sangat lumrah digunakan masyarakat untuk berbelanja, mulai dari pakaian hingga sembako. Salah satu e-commerce populer yaitu Aplikasi Shopee. Pada aplikasi ini pembeli dapat dengan mudah mencari barang yang ingin dibeli serta memiliki berbagai kelebihan lainnya seperti mendapatkan diskon ongkir, diskon toko hingga cashback. 

Selain itu, Shopee juga memiliki fitur “shopee live” yaitu  Live  streaming atau yang sering  disebut juga  sebagai  tayangan  langsung melalui sebuah  jaringan yang  disiarkan pada  banyak  orang dalam waktu  bersamaan dengan kejadian seperti aslinya (A. Putri, dkk, 2021)

Saat ini banyak konsumen yang tertarik membeli barang saat toko menggunakan shopee live. Beberapa alasan pembeli tertarik menonton dan membeli menggunakan fitur live antara lain : 

  • Penggunaan fitur ini membantu konsumen untuk dapat melihat produk secara real-time

  • Memberikan interaksi dua arah antara konsumen dan penjual.

  • mengetahui lebih dalam mengenai detail informasi sebuah produk  yang  akan  dibeli,

  • seperti bahan, tekstur, bentuk, kelebihan, dan kekurangannya.

  • konsumen dapat lebih objektif dan  terpuaskan secara  informasi dalam  mengambil keputusan  untuk  membeli atau tidak

Hal-hal diatas merupakan dorongan yang membuat konsumen membeli barang di toko tersebut. Hal ini juga menegaskan bahwa  strategi pemasaran Live  Shopee yang  berhasil adalah yang mampu  menciptakan  pengalaman  belanja  yang  relevan,  personal,  dan  menghibur  bagi konsumen. Selain  itu,  ditemukan  bahwa  keaslian  dan  kepribadian  host  dalam  sesi  live streaming  serta  kemampuan  mereka  untuk  membangun  hubungan  yang  autentik  dengan audiens  juga  memainkan peran  penting  dalam  meningkatkan  keterlibatan dan  kepercayaan konsumen. Konsumen cenderung merasa lebih terhubung dengan brand ketika mereka merasa dihargai dan diakui oleh host, bukan hanya sebagai pelanggan potensial.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun