Endorsement adalah salah satu strategi promosi yang biasanya dilakukan di media sosial baik melalui Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook dan sosial media lain yang terkemuka di Indonesia.
Endorsement bertujuan untuk menaikkan penjualan dengan cara mempromosikan produk agar banyak dibeli oleh customers.
Nah, biasanya endorsement dilakukan dengan menggunakan artis/ selebgram/ youtuber/ blogger/ orang yang memiliki pengaruh terhadap keputusan orang lain atau disebut influencers.
Pada umumnya influencers ini memiliki followers yang cukup banyak, sehingga para followers nya akan tertarik kemudian membeli produk yang dipakai oleh influencers tersebut.
Â
Namun disamping banyaknya influencers yang bisa diajak kerjasama untuk mempromosikan product yang dijual, kamu perlu memperhatikan apakah produk yang di pasarkan sesuai dengan influencers.
Bijaklah dalam memilih influencers untuk mengendorse promosi produk, karena jika salah memilih influencers, maka informasi yang disampaikan akan kurang efektif.
Kemudian saat hendak melakukan kerjasama dengan influencers terkait produk, pastikan lagi jika ingin meminta kerjasama dengan influencers harus sopan santun agar influencers tertarik untuk kerjasama dengan kamu.
Jika influencers menunjukkan minat dengan produk yang kamu tawarkan maka ia akan mau bekerjasama.
Lalu bagaimana cara menghubungi influencers untuk diajak kerjasama? Bagaimana sebaiknya kalimat yang di gunakan untuk mengajak kerjasama influencers tersebut?
Sebelum memulai kerjasama, kamu perlu memperhatikan Etika Menghubungi Influencers, baik melalui via email atau chat/dm influencers seperti berikut ini: