Mohon tunggu...
Alvitha Deanova
Alvitha Deanova Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Brawijaya

Saya memiliki hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UB Ikut Serta Membantu UMKM Guna Memperluas Produk Makanan Desa Karangtanjung

20 Agustus 2023   14:23 Diperbarui: 20 Agustus 2023   14:31 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa Membantu Pelaku UMKM

Karangtanjung, 28 Juli 2023 --- Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) dalam program Mahasiswa Membangun Desa (MMD) membantu para pemilik UMKM untuk mempromosikan dagangan mereka melalui platform online. Penggunaan teknologi digital telah merubah tata cara bisnis dalam berbagai aspek. Salah satu yang sangat terpengaruh adalah bidang pemasaran, terutama untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Digitalisasi marketing menjadi kunci penting dalam membantu UMKM meningkatkan eksposur, jangkauan, dan akhirnya penjualan produk. Dengan bantuan mahasiswa, UMKM dapat memanfaatkan potensi digitalisasi marketing dengan lebih efektif dan efisien. Artikel ini akan membahas bagaimana digitalisasi marketing yang dibantu oleh mahasiswa dapat memberikan dampak positif bagi UMKM dalam meningkatkan penjualan produk.

Dalam merealisasikan program ini, mahasiswa UB melaksanakan program kerja dengan membantu para pemilik UMKM dengan mensosialisasikan penggunaan platform online untuk promosi mereka. Dimulai dari shopee, tokopedia, dan juga lazada. Pelaksanaan program kerja dilakukan dengan cara mendatangi rumah pemilik produk makanan tersebut dan mengajarkan tentang cara membuat akun e-market tersebut. Mahasiswa juga membantu untuk memfoto produk makanan yang akan dijual di e-market tersebut agar dapat menarik perhatian pembeli.

"Saya sangat senang dengan bantuan dari adik-adik mahasiswa Universitas Brawijaya yang telah membantu para pedagang UMKM di Desa Karangtanjung ini. Dengan adanya sosialisasi ini saya dan teman-teman sesama UMKM dapat memiliki platform e-market yang sangat memudahkan untuk mempromosikan dagangan lewat online", ucap Ibu Dwi selaku pemilik UMKM Keripik Pisang Mantap.

"Kami menargetkan sedikitnya ada enam UMKM yang sudah kami berikan pengajaran mengenai platform digital marketing, sekarang sudah dikunjungi sebanyak tiga UMKM", ucap Respati Athaya sebagai salah satu mahasiswa Universitas Brawijaya yang menjalani program kerja ini.

Digitalisasi marketing menawarkan banyak potensi untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Dengan bantuan mahasiswa, UMKM dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka, menggunakan teknologi digital, dan mencapai pasar yang lebih luas. Keterlibatan mahasiswa dalam membantu UMKM secara bersinergi juga merupakan kesempatan yang berharga bagi mereka untuk mendapatkan pengalaman praktis dalam dunia bisnis dan pemasaran.

Namun, perlu diingat bahwa digitalisasi marketing bukanlah tujuan akhir, tetapi alat untuk mencapai tujuan penjualan yang lebih besar. UMKM dan mahasiswa harus bekerja sama secara efektif, belajar dari pengalaman, dan terus beradaptasi dengan perubahan tren dan teknologi digital agar dapat tetap relevan di pasar yang semakin kompetitif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun