PT Siloam International Hospitals Tbk didirikan pada 27 Agustus 1996 oleh PT Sentralindo Wirasta. PT Siloam International Hospitals Tbk adalah perusahaan yang pertama kali didirikan di Lippo Village dengan nama Rumah Sakit Siloam Gleneagles, yang merupakan kerja sama antara Lippo Group dan Gleneagles Development Pte, Ltd. Pada September 2013, perusahaan ini mencatatkan sahamnya dengan kode SILO di Bursa Efek Indonesia.
PT Siloam International Hospitals Tbk telah menjadi standar pelayanan kesehatan berkualitas di Indonesia. PT Siloam International Hospitals memiliki 2.700 dokter umum dan dokter spesialis, serta 10.000 perawat dan staf pendukung yang melayani hampir 2 juta pasien setiap tahunnya. Strategi bisnis untuk memenuhi kebutuhan pelayanan medis berkelas dunia. Strategi bisnis PT Siloam International Hospitals memiliki unit yang beroperasi dengan biaya yang lebih rendah untuk skala ekonomis. Dengan begitu, visi perusahaan dalam melayani kesehatan berkualitas terwujudkan.
Bagaimana system pengendalian manajemen di perusahaan Kesehatan PT. SILOAM INTERNASIONAL HOSPITALS Tbk)
Sistem pengendalian manajemen merupakan suatu rangkaian prosedur, praktik, dan alat yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mengelola, mengawasi, dan mengarahkan kegiatan operasionalnya guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Â
Tujuan diterapkannya system pengendalian manajemen yaitu untuk memastikan bahwa perusahaan atau organisasi tersebut berjalan dengan efektif dan efisien sesuai rencana atau strategi yang sudah disusun dengan baik.
Pada umumnya, organisasi nirlaba ini berkonsentrasi pada memberikan layanan terbaik kepada pihak yang datang dari luar maupun dari dalam, seperti lembaga kesehatan, pendidikan, layanan sosial, dan keagamaan. Kebutuhan masyarakat terhadap jasa layanan kesehatan semakin tinggi. Hal ini disebabkan karena semakin tingginya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan.Â
Dalam menjawab hal tersebut Rumah Sakit selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. rumah sakit ini bagian yang integral dari keseluruhan sistem pelayanan kesehatan yang dikembangkan melalui perencanaan pembangunan kesehatan.Â
Peningkatan kemampuan dalam melakukan pelayanan jasa Kesehatan merupakan tantangan besar bagi rumah sakit yang ada di Indonesia baik pengelola maupun pemilik Rumah Sakit, agar kegiatannya tetap Survive maka peningkatan dilakukan dengan menambah teknologi kedokteran, tenaga paramedis, tenaga ahli di bidang Kesehatan, serta tenaga lainnya yang menunjang operasional rumah sakit.
Terdapat elemen penting pada system pengendalian manajemen yaitu:
1. Perencanaan