Mohon tunggu...
Alvina Januarrahim
Alvina Januarrahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo saya Alvina, saya senang sekali menghabiskan waktu dengan membaca buku atau mendengarkan musik. Ilmu seputar Psikologi adalah salah satu topik yang saya minati.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi 5

27 Oktober 2022   02:38 Diperbarui: 27 Oktober 2022   02:46 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tanggal 23 Oktober lalu saya meengikuti acara yang diadakan oleh Universitas Katolik Parahyangan yaitu Geladi Hominisasi melalui platform daring zoom. 

Sebelum Hari-H kami yang mengikuti kegiatan ini diberikan satu tugas Bernama "tugas Pra Geladi" yang didalamnya bermuatan pertanyaan seputar opini pribadi tentang film dokumenter dan juga makna dari lagu Indonesia Raya 3 Stanza. 

Sebelum mengisi tugas tersebut, kami diwajibkan menyimak dengan serius lagu Indonesia Raya 3 stanza dan juga film dokumenter yang berhubungan dengan kekayaan alam Indonesia yang diharapkan bisa membuat orang sadar bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya, dari mulai budaya sampai sumber daya alam, baik flora maupun fauna. 

Pada Hari-H saya bersama teman-teman berdinamika dengan mengenal satu satu sama lain dan membuat presentasi yang menarik. Hal ini, membuat mengajarkan saya tentang bagaimana kita bisa berdinamika dengan orang baru, lingkungan baru, dan membuat sebuah ide yang kreatif menggunakan logika dan Bahasa  dan memaparkannya dengan baik benar.

Refleksi pengalaman mengenai Geladi Hominisasi menurut saya adalah saya lebih menyadari bahwa sebuah keberagaman yang meliputi suku, ras, agama, dan Bahasa itu penting untuk kita sadari, dan tak hanya itu keberagaman juga meliputi bagaimana cara orang orang yang mempunyai pemikiran berbeda, kepribadian berbeda, keberagaman wilayah, golongan. 

Dalam Geladi Hominisasi ini kami berdimika bersama tanpa memandang berbeda satu sama lain. . Hal ini, mengajarkan saya tentang bagaimana kita bisa berdinamika dengan orang baru, lingkungan baru, dan membuat sebuah ide yang kreatif menggunakan logika dan Bahasa  dan memaparkannya dengan baik benar.

Dalam kegiatan Geladi Hominisasi ini juga kami didorong untuk menunjukkan kemampuan logika dan bahasa sebagai warga negara. Menurut saya, hal ini sangatlah penting untuk dikembangan karena sebagai warga negara Indonesia kita perlu melatih pemikiran logis agar dapat membedakan mana yang baik atau salah. 

Apalagi, di zaman yang serba canggih ini, akses internet bisa didapatkan dimana saja dan kapan saja, itu membuat terkadang suatu informasi yang ada di internet tidak dapat dipercaya kebenerannya atau Hoax. 

Dan kita sebagai warga negara perlu pemikiran yang logis agar tidak terhasut oleh hoax yang beredah. 

Dalam segi bahasa pula, mengapa kita perlu mempunyai kemampuan bahasa sebagai warga negara, karena bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa. Masyarakat dari berbeda suku dan bahasa bisa bersatu dan saling berkomunikasi satu sama lain karena adanya bahasa Indonesia.

Adapula manfaat yang saya dapat setelah kegiatan Geladi Hominisasi ini adalah rasa toleransi yang tumbuh dan rasa menghargai satu sama lain. Karena, saya dan teman teman saya awalnya adalah orang asing yang tidak mengenal satu sama lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun