Mohon tunggu...
Alvania Kartika
Alvania Kartika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Another ISTP

Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perjalananku dengan Beasiswa MEXT#2

3 Januari 2024   16:38 Diperbarui: 3 Januari 2024   16:59 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Lanjutan dari #1

Dua bulan berlalu setelah email terakhir dari pihak kampus di Jepang. Saya sudah separuh pesimis. Tapi bulan Januari 2023, tanggal 18, saya menerima email dari pihak admission kampus untuk mengirimkan dokumen untuk proses pendaftaran.  Periode pendaftaran dari tanggal 6 - 10 Februari 2023, tapi mereka minta buat dikirim ke mereka tanggal 30 Januari 2023 karena mereka mau memastikan kalau dokumen yang saya siapkan sudah benar. Dua minggu buat nyiapin dokume dan dokumen-dokumennya banyak: Form pendaftaran, proposal penelitian, salinan paspor, transkrip akademik, ijazah, rekomendasi dari dekan, abstrak tesis, sertifikat kemampuan bahasa inggris minimal CEFR B2, tanda tangan agreement, form penilaian dari kaprodi.

Tanggal 30 Januari 2023, saya berhasil mengirimkan seluruh dokumen yang diminta. Terkecuali untuk sertifikat bahasa Inggris, saya kirimkan menyusul diakhir Februari 2023 karena saya terlambat mempersiapkan. Untuk memenuhi deadline, saya diminta ambil tes bahasa Inggris dengan Duolingo untuk dikirim sebelum Februari berakhir. Biaya tes bahasa Inggris di Duolinggo sekitar Rp. 700.000 saat itu dan hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit. Tapi setelah itupun saya harus tetap mengirimkan hasil tes bahasa Inggris yang resmi  seperti IELTS untuk disusulkan, karena Duolinggo hanya  diterima sebagai sertifikat sementara. Akhirnya saya menginfokan akan mengambil tes IELTS tanggal 26 Februari 2023. Hasilnya, saya kirimkan langsung setelah resmi dirilis tanggal 3 Maret 2023.

Akhir bulan Maret 2023, pihak admission kampus menginfokan kalau dokumen yang saya kirimkan sudah diperiksa dan sesuai dengan ketentuan mereka dan akan diproses ke tahap selanjutnya. Saya diminta menunggu kabar selanjutnya di bulan Juni 2023.

Saya masih setengah percaya dan tidak terlalu berharap akan berhasil lolos.
Bulan Juni 2023 pun berlalu tanpa email apapun. Makin kuatlah mental saya untuk menerima kalau tidak lolos.

Tanggal 3 Juli 2023, saya mendapatkan email kalau saya resmi diterima oleh MEXT dan akan mulai kuliah bulan Oktober 2023. Saya ingat betul bahwa saya waktu membaca email itu, saya sedang duduk di depan layar komputer di kantor, sibuk bekerja karena rekan kerja saya sedang cuti, lalu saya hanya bengong di depan layar selama 2 hari.  Setelah 2 hari, saya bilang kepada kedua orangtua saya, termasuk bengong 2 hari itu haha. Akhirnya saya bilang ke rekan kerja saya, lalu mengajukan surat pengunduran diri dari kantor.

Bulan Agustus 2023, prosedur visa dibuka dan saya mengajukan visa ke kedutaan besar Jepang.

Setelah visa Jepang rilis, tanggal 4 Agustus 2023 saya dikirimi informasi tiket pesawat dari Jakarta ke Jepang. Penerbangan saya dijadwalkan tanggal 27 September 2023 dari Jakarta ke Ho Chi Minh (Vietnam), 28 September 2023 dari Vietnam ke Jepang. Di email itu pula diinformasikan bahwa upacara penerimaan mahasiswa baru akan digelar pada tanggal 2 Oktober 2023.

bersambung...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun