Pada bulan ramadan, banyak perusahaan yang mempromosikan produknya melalui iklan dengan konsep bulan ramadan. Setiap perusahaan memiliki konsep yang berbeda pada iklannya guna membuat konsumen merasa tertarik dan terkesan pada iklan tersebut dan pada akhirnya konsumen akan memutuskan membeli produk dari perusahaan. Tujuan utama perusahaan jelas yaitu keputusan pembelian produk dari konsumen.
Berbicara tentang iklan perusahaan bertemakan ramadan, pastinya kalian setuju bukan bahwa banyak iklan perusahaan yang menarik dan berkesan ?. Memang iklan dari perusahaan banyak yang menarik dan berkesan, perusahaan guna menyambut bulan ramadan 1 tahun sekali, berusaha total untuk membuat iklan. Perusahaan mengupayakan membuat iklan bulan ramadan yang kreatif dan inovatif.
Sungguh, jika saya minta memilih salah satu iklan perusahaan pada bulan ramadan, kalian memilih iklan yang mana ? memang sulit ya teman-teman kalau di suruh memilih salah satu iklan yang menarik dan berkesan. Kadang juga saya bingung kalau disuruh memilih salah satu iklan, karena saya rasa memang hampir semua iklan menarik dan berkesan bagi persepsi saya. Â Â
Tapi teman-teman, pada bulan ramadan tahun 2020 ini, saya memiliki satu pilihan iklan perusahaan yang membuat saya tertarik dan terkesan. Menurut saya pada bulan ramadan tahun 2020 ada satu iklan yang paling menarik dan berkesan bagi saya. Banyak alasan yang membuat saya merasa jatuh cinta pada iklan perusahaan ini. Menurut kalian iklan apa sih yang membuat saya bisa benar-benar jatuh cinta ? coba tebak ya teman-teman.
Buat kalian yang menjawab bukan iklan indomie, berarti jawaban kalian belum beruntung. Namun jika kalian menjawab iklan indomie, selamat teman-teman, anda mendapatkan nilai 100. Iklan yang paling menarik dan berksean menurut saya pada bulan ramadan tahun ini adalah iklan indomie. "Kenapa kak kok iklan indomie ? kan banyak iklan-iklan yang lain pada bulan ramadan".Â
Kalau ditanya kenapa iklan indomie, banyak teman-teman alasan saya memilih iklan indomie. Tenang teman-teman, buat kalian yang ingin mengetahui alasan saya, akan saya beritahu kalian semua terkait alasannya. Alasan saya memilih iklan indomie sebagai iklan terbaik dan berkesan antara lain adalah :
1. Iklan Indomie Menggunakan Dua Sesi
Indomie pada iklan edisi bulan ramadan mengusung konsep yang berbeda dari edisi bulan ramadan tahun-tahun sebelumya. Mungkin ini juga merupakan iklan perusahaan pertama di Indonesia yang menggunakan dua sesi. Â Terdapat dua sesi yaitu saat puasa dan saat setelah berbuka puasa. Sebenarnya kedua iklannya hampir sama, namun dikemas dengan konsep sedikit berbeda diantara keduanya.
Iklan sesi saat puasa menunjukkan seseorang yang memasak mie instan, namun tidak ada mie instannya. Pada video iklan ini, terlihat seorang laki-laki sedang meniriskan air tanpa ada isi mie instan indomie, lalu laki-laki tersebut seolah-olah memasukkan mie instan indomie ke piring (padahal mie instan indomie sebenarnya juga gak ada), dan yang menggemaskan terakhir dia seperti ingin menyantap menggunakan garpu (padahal mie instannya juga belum ada). Terus terakhir ditunjukkan kemasan indomie tanpa ada gambar mie instannya dan disebelah kemasan ada piring yang juga tidak ada mie instannya.