JUNIANTO1 DAN ALPRIYANTO GINTING2
1Dosen Departemen Perikanan_UNPADÂ
2Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD
Ikan teri merupakan makanan yang berkualitas serta dapat memanfaatkan seluruh bagian tubuhnya yang sudah sangat melekat dengan masyarakat Indonesia. Ikan teri banyak digemari oleh masyarakat dikarenakan kandungan yang baik dan mudah untuk didapatkan. Ikan teri memiliki kandugan lemak, kaya akan protein, asam lemak omega 3, vitamin, dan mineral.
Ikan teri banyak dikonsumsi langsung oleh masyarakat namun banyak juga yang menjadikan ikan teri sebagai bahan baku suatu produk hasil perikanan. Salah satunya produk yang dapat menggunakan ikan teri sebagai bahan baku utama yaitu produk sambal. Masyarakat Indionesia sendiri sudah mengenal sambal sejak lama yang merupakan salah satu kuliner khas nusantara yang dinikmati oleh masyarakat dari semua kalangan (Munawaroh, 2012).
Ikan teri kering dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan sambal (Sulistijowati et al. 2020). Sambal ikan teri banyak digemari oleh masyarakat selain rasa yang khas juga memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Tiap 100 gram  teri  segar mengandung  energi 77 kkal, protein l6 gr, lemak 1.0 gr, kalsium 500 mg, fosfor 500 mg, besi 1.0 mg, Vit A 47 dan Vit B 0.1 mg.
sambal ikan teri memenuhi kebutuhan fisiologis konsumen berupa pemenuhan dalam kebutuhan asupan makanan bagi konsumen.Â
Kebutuhan konsumen merupakan kebutuhan yang dirasakan konsumen (fell need) bisa dimunculkan oleh faktor diri konsumen sendiri (fisiologis), misalnya rasa lapar dan haus. Kebutuhan juga bisa dimunculkan oleh faktor luar konsumen, misalnya aroma makanan yang datang dari restoran sehingga konsumen terangsang ingin makan. Kebutuhan konsumen menjadi salah satu acuan untuk menghasilkan suatu produk nantinya. ProdukPeminat sambal di Indonesia banyak sehingga sambal menjadi bagian dari tradisi kuliner di Indonesia yang memiliki level toleransi terhadap kepedasan yang sangat tinggi (Budiyanto 2015). Sambal ikan teri ini mengutamakan keunggulan dalam kualitas produk serta kualitas pelayanan, memiliki keungulan yaitu varian sambal yang beragam seperti sambel merah, sambal ijo, dan sebagainya dengan menawarkan berbagai macam level, serta harga yang ditawarkan sangat terjangkau.
Untuk melihat konsumen sambal ikan teri dapat dipantau dari pertanyaan berikut :
- Siapa (Who) : segmentasi konsumen sambal ikan teri yaitu pria dan wanita (diatas 10 tahun), semua kalangan dan food blogger.
- Bagaimana (How) : Konsumen dapat membeli produk sambal ikan teri sesuai dengan kebutuhan (fisiologis), kemudian mencari informasi pembelian sambal ikan teri melalui orang-orang sekitar/lingkungan, media sosial ataupun melalui aplikasi online shop (Shopee, gojek dsb.). Konsumen juga dapat langsung mencari produk sambal ikan teri ke pasar ataupun supermarket yang sudah didistribusikan.
- Kapan (When) : kapan saja (tidak terikat musim).
- Dimana (Where) : kalian dapat membeli sambal ikan teri di  ecommerce, media sosial (WhatsApp, Instagram), cafe, stand bazzar, brosur,      Perancangan produk merupakan sebuah langkah strategis untuk bisa menghasilkan produk-produk industri yang secara komersial harus mampu dicapai agar menghasilkan laju pengembalian modal (rate of return on investment). Untuk membuat suatu produk sambal ikan teri, langkah yang harus dilakukan adalah :
- Identify Need, bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait selera pasar, dari identifikasi ini didapatkan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk.
- Develop Product Concept and Samples, merupakan proses pengumpulan ide-ide untuk mencari solusi dari permasalahan yang didiskusikan. Dari proses ini maka akan didapatkan garis besar yang akan dibuat, cara kerja, komponen yang digunakan dan sebagainya dalam membuat sampel produk sambal ikan teri.
- Test Concept, dilakukan untuk mengevaluasi apakah ada kekurangan terhadap rancangan yang sudah dibuat. Pada tahap ini pula biasanya produk yang sedang dirancang perlu dibenahi.
- Revise Product and Product, dalam tahap ini dilakukan revisi terhadap konsep produk yang sudah dibuat lalu membuat konsep produk yang lebih baik.
- Tes Prototype, sampel sambal ikan teri yang akan diproduksi secara masal dengan evaluasi yang telah dilakukan pada tahapan sebelumnya untuk mencegah kesalahan sebelum final product.
- Make Final Design Adjusment and Mass Produce, tahapan ini dilakukan produksi masal sambal ikan teri yang sudah siap diperjualkan. Dalam tahapan ini perlu adanya control kualitas agar konsumen tidak sampai menerima produk sambal ikan teri yang gagal.
- Market Commersialy, tahapan terakhir dari rancangan produk adalah memasarkan produk sambal ikan teri ke pasar baik secara eceran, maupun grosir untuk mendapatkan keuntungan.
      Strategi penentuan harga untuk produk sambal ikan teri ini ialah Cost-Plus Pricing yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Pada metode ini, diawali dengan penetapan harga jual untuk satu unit barang yang besarnya sama dengan jumlah biaya per unit ditambah dengan suatu jumlah untuk menutup laba yang diinginkan atau biasa disebut margin pada unit tersebut. Harga jual per unit sambal ikan teri untuk ukuran 200 gr sebesar Rp.25.000 degan biaya produksi yang mencakup modal sebesar Rp. 17.000 untuk ukuran 200 gr sehingga didapatkan keuntungan penjualan produk per unit sebesar Rp. 8.000.
      Promosi sambal ikan teri dapat dilakukan dengan beberapa berikut ini :
- Menggunakan media Sosial
- Media sosial yang digunakan seperti Instagram, Facebook ataupun Twitter produk ini dapat diiklankan melalui postingan di akun penjual. Metode ini blic pengiklanan dapat berupa foto ataupun video yang menarik untuk dilihat. Dalam akun pemasaran secara online ini akan disertakan dengan informasi-informasi utama yang dapat membantu konsumen untuk memesan produk ini, seperti Contact Person (email/no.Hp), lokasi pembuatan, dalam postingan produk juga dilengkapi dengan penjelasan terkait produk.
- Menggunakan jasa endorsement
- Salah satu cara yang efeektif ialah menggunakan jasa endorsement dari public figure ataupun influencer, dimana mereka adalah orang-orang yang memiliki banyak followers di media sosial mereka. Sehingga pengiklanan dapat dilakukan dengan baik, orang-orang ini akan mendeskripsikan sambal ikan teri dengan format yang sudah kita tentukan, secara tidak langsung para followersnya akan memiliki keinginan untuk membeli makanan sama untuk mengikuti idola mereka.
- Menggunakan aplikasi belanja online
- Saat ini masyarakat banyak menggunakan aplikasi belanja online karena sangat praktiss penggunaannya, seperti tokopedia, Shopee, blibili, gojek dan sebaginya. Pembelian dapat dilakukan hanya melalui smartphone dan barang akan diantarkan ke tempat tujuan dengan jangka waktu tergantung jarak antara tempat produksi dan tujuan yang ditetapkan.
- Menggunakan baliho atau banner
- Pengiklanan ini sudah banyak diaplikasikan oleh para perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Baliho atau banner sambal ikan teri dibuat dengan warna dan gambar yang menarik perhatian disertai dengan informasi singkat terkait produk. Pemasangan dapat dilakukan di pinggir jalan ataupun di sekitar area supermarket untuk mengenalkan produk sambal ikan teri kepada masyarakat secara luas.Â