Diera globalisasi seperti saat ini, atau dapat dikatakan sebagai proses mendunia, semua orang di dunia tidak dapat menghindari adanya komunikasi online. [1]Komunikasi online merupakan proses berkomunikasi dimana didalamnya ada penyampaian dan penerimaan pesan melalui jaringan internet. Komunikasi ini dapat berupa kegiatan membaca, menulis, mengirim gambar, mengirim video secara online.
(sumber gambar dari http://djedjesttnj.blogspot.co.id/ , diambil pada tanggal 30 September 2015, pukul 08.37)
Komunikasi online ini dapat berupa email, sosial media seperti facebook, twitter, instagram, path, youtube, skype dan masih banyak lagi. Komunikasi online tersebut tentu saja dapat menjadi sarana bagi khalayak dalam memenuhi kebutuhannya.
[2]Menurut Rogers dan Floyed Shoemaker dalam teori difusi inovasinya, bahwa difusi ini merupakan komunikasi yang memberikan ide-ide atau gagasan baru yang biasa disebut dengan inovasi, jadi bila yang dikomunikasikan bukan sesuatu yang inovatif maka tidak dapat disebut sebagai difusi.
Dalam hal ini banyak hal yang dilakukan oleh komunikasi online yang memberikan sarana bagi semua orang, tanpa memandang status, kedudukan, dan umur untuk mengungkapkan ide dan gagasan baru mereka. Gagasan baru yang mereka ciptakan melalui komunikasi online ini kebanyakan memberikan keuntungan. [3]Seperti contohnya, pada tahun 2008 Gamaliel dan Audrey, seorang kakak beradik yang sering meng-cover lagu dan diunggah di Youtube. Video yang diunggah di Youtube tersebut menarik perhatian ribuan penonton Indonesia dan akhirnya mereka berdua berhasil masuk dalam dunia musik Indonesia dengan mendirikan sebuah grup vocal dengan ditambahkan satu personil yaitu Cantika yang dulunya juga merupakan penyanyi solo yang sering mengunggah video musiknya di Youtube. Grup vocal yang mereka ciptakan bernama GAC dan sampai saat ini telah sukses di dunia musik Indonesia.
Dari orang yang biasa saja, menjadi orang yang dikenal menjadi kebanggaan tersendiri bagi grup vocal ini. Ini karena niat mereka yang ingin mempopulerkan lagu-lagu yang sedang hits pada saat itu dikombinasikan dengan bakat mereka, maka terbentuklah satu kesuksesan. Ini dapat dikatakan sebagi suatu inovasi. Namun tentu saja inovasi ini tidak bisa diminati oleh khalayak bila komunikasi yang dilakukan tidak mencakup [4]unsur komunikasi menurut Lasswell yakni siapa, apa, dalam media apa, untuk siapa, dan pengaruhnya seperti apa. Dalam perjalanan karirnya berarti Gamaliel dan Audrey telah menerapkan unsure dasar komunikasi ini dalam mengembangkan gagasan ide kreatifnya menjadi suatu inovasi, sehingga banyak khalayak yang tertarik dengan inovasinya tersebut dan hasilnya, mereka sekarang sudah dapat dikatakan sebagai public figure di Indonesia.
Banyak sekali kejadian yang serupa dialami oleh orang-orang di Indonesia yang tadinya hanyalah orang biasa namun karena komunikasi online inilah mereka menjadi dikenal banyak orang, dan Gamaliel Audrey Cantika inilah yang berhasil membuktikan bahwa media online dapat memberi peluang bagi mereka dan masih sukses sampai sekarang.
Komunikasi online tidak hanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang menjadi artis dadakan ini. Namun juga dirasakan oleh pebisnis dadakan. Dengan adanya komunikasi online seperti ini, orang-orang biasa yang mungkin tidak memiliki dasar seorang pebisnis, juga bisa sukses menjalankan bisnisnya di media online misalnya facebook, instagram, twitter, dan lainya. Melalui bisnis kecil ini, bila terus ditekuni dan inovatif serta dikomunikasikan dengan baik kepada khalayak maka akan menghasilkan kesuksesan. Seperti sekarang muncul banyak toko online yang menjual berbagi kebutuhan seperti baju, peralatan rumah tangga, accessories, dan bahkan makanan banyak yang dijual melalui online.
Selain kedua contoh itu, melalui komunikasi online, banyak orang dapat merasakan keuntungan melalui tulisan yang mereka post di suatu media online. Dengan adanya media online seperti ini, orang dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Tidak perlu menerbitkan sebuah buku, hanya dengan media online saja mereka dapat menuangkan isi pikiran dan kreatifitas mereka melalui tulisan. Dan terkadang dengan tulisan yang mereka post melalui media online tersebut, dapat membuahkan keuntungan, misalnya [5]Raditya Dika dan Arief Pocong yang sering mem-post tulisan mereka dan sekarang sudah bisa menerbitkan buku yang sangat laku dipasaran. Memang melalui media komunikasi online, semua orang dapat menjadi apa yang mereka inginkan walaupun tidak memiliki pengalaman dalam bidang tersebut. Melalui media komunikasi online ini, orang dapat menghemat waktu, menghemat biaya, dapat dilakukan dimana saja, dan membuka partisipasi khalayak untuk berkarya. Maka dari itu, banyak khalayak lebih memilih media komunikasi online untuk memberikan gagasan atau ide yang baru kepada publik. Tidak memandang status dan umur, semua orang bisa menjadi sukses melalui media komunikasi online. “Zaman sekarang sih, semua orang bisa”.
[1] https://www.wattpad.com/70090422-komunikasi-online-daring-komunikasi-online.,diambil pada tanggal 29 September, pukul 21.08
[2] http://cepbenzema.blogspot.co.id/2010/05/kontribusi-teori-teori-komunikasi-dalam.html, diambil pada tanggal 29 September pukul 22.56
[3]http://koran-jakarta.com/?11961-deretan%20musisi%20yang%20beken%20berkat%20%E2%80%9Cyoutube%E2%80%9D , diambil tanggal 29 September 2015, pukul 11.17