Pendahuluan
Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter serta pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam. Salah satu materi yang diajarkan dalam PAI adalah zakat, yang mengajarkan tentang kewajiban berbagi kepada sesama. Namun, dalam praktiknya, banyak siswa mengalami kesulitan memahami konsep zakat, terutama dalam mengenali delapan golongan penerima zakat.
Metode pembelajaran yang digunakan guru menjadi faktor utama dalam meningkatkan pemahaman siswa. Selama ini, metode ceramah masih dominan, yang sering kali membuat siswa merasa bosan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan metode Card Sort, yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.
Metode Penelitian
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus di kelas V SDN Tegalsari 03 Sidareja, Cilacap, tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa, terdiri dari 9 laki-laki dan 14 perempuan.
Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Card Sort.
Hasil Penelitian
Sebelum diterapkan metode Card Sort, hanya 52% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah metode ini diterapkan dalam tiga siklus, hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu:
Siklus I: 69% siswa mencapai ketuntasan belajar
Siklus II: 82% siswa mencapai ketuntasan belajar