Mohon tunggu...
Taufik Al Mubarak
Taufik Al Mubarak Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Tukang Nongkrong

Taufik Al Mubarak, blogger yang tak kunjung pensiun. Mengelola blog https://pingkom.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Bagaimana Menghasilkan Uang dari Aktivitas Menulis?

16 Maret 2022   00:52 Diperbarui: 16 Maret 2022   01:00 556
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. Photo: Pixabay

Bagaimana menghasilkan uang dari aktivitas menulis selama pandemi? Sebagai blogger, saya sering mendapat pertanyaan seperti itu, baik itu melalui layanan chatting, via email maupun saat nongkrong di warung kopi. Dan, jawaban saya tidak pernah sama. Biasanya jawaban yang saya berikan saya sesuaikan dengan karakter atau tipe orang yang bertanya. 

Saya kerap membuat klasifikasi orang berdasarkan minat, passion, tujuan atau profesi tertentu. Hal ini saya lakukan agar jawaban yang saya berikan dapat langsung dimanfaatkan sesuai dengan minat, passion, tujuan atau profesi mereka.

Jika ia seorang blogger, saya biasanya akan menjawab seperti halnya para blogger senior lainnya memberi jawaban. "Mulailah menulis blog dengan menargetkan kata kunci tertentu yang banyak dicari dan memiliki nilai klik tinggi." Ini jawaban paling umum yang sering kita jumpai dari blog milik blogger senior. 

Para blogger pemula seperti kita biasanya akan langsung bingung saat mendapati jawaban seperti itu. Soalnya, jawaban tersebut kerap menyisakan atau bahkan memunculkan pertanyaan lain dan jawaban yang lain lagi pula. Misalnya, bagaimana mengetahui kata kunci yang banyak dicari dan memiliki nilai klik tinggi?

Pertanyaan tersebut tentu saja membutuhkan jawaban yang tidak pendek, dan kadangkala membutuhkan sebuah artikel untuk menjelaskan secara lengkap, agar si penanya tidak bertambah bingung. Bahkan, si blogger yang menulis soal ini pun sering tidak cukup waktu menulis artikel dengan kata kunci tertentu yang banyak dicari dan memiliki nilai klik tinggi. 

Menulis beginian bukan perkara mudah dan tidak bisa dikerjakan dalam waktu berbilang jam. Itu butuh riset mendalam, mulai dari memilah kata kunci hingga mencari siapa calon kompetitornya. 

Saya yakin, ketika kita mengetahuinya, nyali kita langsung ciut. Soalnya, yang bermain dalam kata kunci tersebut biasanya para pemain besar dan blognya sudah lama nangkring di posisi pertama di hasil pencarian.

Di saat blogger pemula bingung dengan jawaban yang saya berikan itu, biasanya saya akan memberikan pilihan: tulis saja sesuatu sesuai dengan minat, dan berharaplah bakal ada orang yang menyukai tulisanmu. Terkait bagaimana kamu menghasilkan uang, itu sangat tergantung pada kreativitasmu  sendiri. 

Kamu dapat memasang layanan iklan seperti Google AdSense, MGID atau WordAds jika kamu menggunakan platform blog WordPress. Saat mendengar jawaban begini, saya yakin dia masih menyimpan pertanyaan lain untuk ditanyakan, dan saya akan memotongnya dengan mengatakan, "Sudah, mulai saja menulis, nggak usah pikirkan dulu hasilnya."

Jika yang bertanya seseorang yang suka menulis, saya akan mengarahkan dia untuk mulai mengirimkan tulisan ke beberapa situs online yang menampung tulisan dari netizen. Saya akan mulai menyebut situs tersebut satu demi satu, tidak lupa memberitahu dia honor yang diberikan oleh masing-masing media online tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun