UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan salah satu motor penggerak utama pada sektor ekonomi nasional, yang dimana dinyatakan oleh Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian dalam siaran pers 2022,  jumlah UMKM mencapai 99% dari keseluruhan unit kusaha, dengan kontribuasi terhadap PDB mencapai 60,5% dan terhadap penyerapan tenaga kerja 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional, dengan itu maka UMKM disebut sebagai critical engine untuk perekonomian Indonesia.
Sebagai salah satu upaya untuk membantu pemerintah Indonesia yang sedang gencar-gencarnya melakukan pengenbangan UMKM, maka kelompok pengabdian masyarakat atau KKN pun ikut berperan aktif membantu meningkatkan, membangun dan terus memprogreskan hal tersebut agar UMKM lokal dapat lebih modern dan naik kelas.Â
KKN-UMP 2023 periode 1 yang dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2023 ini menjadi salah satu contoh aksi nyata dari pengaplikasi pengetahuan yang dimiliki mahasiswa peserta KKN yang mengabdi pada masyarakat dan khususnya UMKM agar dapat membantu menungkatkan eksistensi dari UMKM lokal yang ada di lokasi KKN.
Secara khusus bagi Kelompok 10 KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2023 yang ditempatkan di Desa Gegempalan, Ciamis.  Dibawah bimbingan Bapak Lahan Adi S.Kom., M.Kom  selaku Dosen Pembimbing Lapangan melaksanakan program sosialisasi edukasi dan sharing manfaat digital marketing kepada pelaku UMKM Kerajinan Tangan (23/01/2023) yang dilakukan di Desa Gegempalan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.
Kegiatan sosialisasi edukasi dan sekaligus sharing ini dilakukan beberapa kali dan merupakan hanya salah satu dari serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 10 KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto tahun 2023 di Desa Gegempalan, Ciamis. Kegiatan ini bertujuan untuk  menambah wawasan serta mengetahui pentingnya digital marketing bagi UMKM di masa kini karena hasil dari kerajinan tangan ini sendiri sudah mendapatkan pesanan dari luar negeri namun belum mendapatkan perhatian secara khusus dari masyarakat lokal.
Pelaksanaan sosialisasi sekaligus sharing mengenai manfaat digital marketing ini diawali dengan melakukan pendekatan kepada pelaku UMKM, bertujuan agar bisa lebih akrab dengan para pengrajin. Mahasiswa KKN baru mulai melakukan sosialisasi dan sharing secara berkelanjutan bersama dengan pelaku UMKM mengenai manfaat serta pentingnya digital marketing.
" Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pemahaman bagi para pelaku UMKM mengenai pentingnya digital marketing di masa kini yang sudah canggih dan serba internet." Kata Ihlas selaku koordinator Desa KKN Kelompok 10. " Hal ini sejalan dengan kondisi UMKM kerajinan tangan yang sudah melakukan pendaftaran toko online di salah satu platform belanja online namun belum bisa memaksimalkan manfaatnya jadi kami memberikan sedikit cara mengolah atau melakukan digital marketing." Lanjutnya.
Selain itu juga, hasil barang atau prooduk dari kelompok UMKM Kerajinan Tangan dan beberapa UMKM lainnya dari Desa Gegempalan ini ikut di display dan diperjual-belikan di acara Expo KKN Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang digelar pada Senin, 06 Januari 2023 di Gedung Serba Guna Balai Desa Panyingkiran, Ciamis sebagai salah satu giar agar produk-produk bisa lebih dikenal oleh masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H