Mohon tunggu...
Almas Nurhidayah
Almas Nurhidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - pendatang baru.

semoga aman.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjadi Konsumen Pintar dengan Tepat Memilih Food Container

10 Juli 2021   13:00 Diperbarui: 10 Juli 2021   13:04 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Billboard "kiip"/dokpri

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah sangat maju. Bahkan, semua masyarakat harus bisa memanfaatkan segala hal berbau ilmu pengetahuan dan teknologi sebaik mungkin. Saat ini tidak ada yang bisa dilakukan tanpa bantuan media dan teknologi. Seluruhnya hanya perlu penggunaan yang bijak.

Keberagaman aspek ilmu pengetahuan dan teknologi bukan hanya berkaitan dengan produk terbarukan. Hal ini juga berpengaruh pada produk-produk rumahan. Seperti bagaimana "kiip" hadir untuk masyarakat. Dengan tagline "Happy & Healthy at Home", produk food container "kiip" mampu mewujudkannya.

Bagaimana bisa sukses? Tentunya bisa dikupas dengan mengaitkan teori yang ada. Dalam hal ini analisis semiotika teori Roland Barthes bisa mengupasnya. Terdapat 3(tiga) hal pokok untuk mengupasnya yaitu Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Mari menjelajahi dengan teliti, berikut penjelasannya:

  • Denotasi, yaitu makna dan visualisasi yang sebenarnya ditampilkan dari billboard tersebut tentunya tidak begitu banyak dan rumit. Keseluruhan billboard yang ditampilkan berupa terdapat beberapa food container yang masing-masing berisikan sayuran yaitu setiap produknya menempati sayuran sesuai jenis terdapat wortel, jagung muda, cabai merah panjang, cabai rawit merah, daun selada, dan terdapat salad sayur. Terdapat juga tulisan "kiip", "Pasti Klik!", "Happy & Healthy at Home", #Kiipinaja, dan "Shop Now! Kiip.co.id".  
  • Konotasi, yaitu makna dan maksut keberlanjutan dari adanya denotasi yang ditampilkan. Pada penampilan visualisasi yang disuguhkan bahwa penggunaan food container kiip sangat membantu. Penggunaan produk yang berbentuk rectangular atau persegi panjang menjadi sebuah food container yang sangat solutif. Hal ini bahwa produk memiliki cukup ruang untuk penyimpanan makanan bahkan sayur dan buah. Juga penggunaannya yang simple didukung dengan kalimat "pasti klik", mempresentasikan bagaimana mudah penggunaan sebagai alat bantu rumah tangga. Dukungan lain juga dilayangkan dengan adanya kalimat "Happy & Healthy at Home". Bagaimana tidak? Hal ini terjawab dengan kebahagian fasilitas modern yang mudah untuk rumah tangga. Serta sehat dengan penggunaan yang terpisah antar jenis makanan, sayur, maupun buah sehingga kebersihan, keamanan, dan kesehatannya terjaga. Simple tentunya karena #kiipinaja, yang bisa dibeli online di kiip.co.id.   
  • Mitos, setelah terungkapnya denotasi dan konotasi tentu akan menghasilkan mitos. Dalam billboard produk food container kiip berkaitan dengan penggunan barang secara terbarukan. Terdapat mitos bahwa produk modern bisa merusak lingkungan. Namun, hal ini terpecahkan bahwa sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi terbarukan mampu menghasilkan produk yang sangat bermanfaat dan membantu. Dengan penggunaan yang bijak maka akan terjadi keterikatan simbiosis mutualisme. Tentunya penggunaan produk kiip ini sangat menjaga kebersihan, keamanan,dan kesehatan. Juga penggunaan produk ini memecahkan mitos akan merusak lingkungan, faktanya produk digunakan untuk bisa dicuci dan digunakan berulang kali. Ditambah lagi dengan tagline ikonik kiip yang terpampang jelas bahwa "Happy & Healthy at Home".

Keterjaminan sebuah produk tentunya harus didukung dengan proses kinerja produksinya. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagaimana sebuah produk memiliki posisi tersendiri di hati masyarakat. Produk yang berkaitan dengan produksi dengan bantuan alat teknologi modern dan minimalisir dari adanya bantuan sentuhan tangan akan menghasilkan produk higienis yang berkualitas. Seluruh pihak berkaitan dengan produksi barang harus menggunakkan perlengkapan yang sesuai protokol kesehatan guna kebersihan dan keamanan tetap terjaga.

Tak dipungkiri, kebersihan menjadi hal penting yang digunakan menjadi pilihan masyarakat. Tentunnya bagaimana visualisasi yang disampaikan dalam billboard kiip sangat simple, solutif, dan terjamin. Hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan konsumen.  

Visualisasi yang ditampilkan juga dengan pemaparan letak produk yang tersusun rapi. Hal ini ditambah dengan produk yang diberisikan beragam sayuran berbagai jenis dan warna apik. Penempatan ini menghasilkan daya tarik tersendiri. Ditambah unsur mayoritas warna biru yang ditampilkan. Warna biru memiliki makna kepercayaan dan dapat diandalkan. Tentu dengan adanya dukungan #kiipinaja. Warna yang ditampilkan sangat nyaman untuk dilihat dan menarik perhatian.  

Tentu hadirnya produk kiip yang sangat berguna serta produk lainnya akan sangat membawa perubahan yang besar. Sebuah tindakan kecil akan menjadi hal yang sangat besar kelak. Penggunaan produk-produk yang bisa digunakan berulang kali sangat baik. Aktivitas pembuangan sampah sekali pakai akan berkurang. 

Untuk itu mari saling menjaga dan memanfaatkan produk dengan bijak. Semua yang dilakukan tentunya selalu akan memberi dampak apapun itu. Yuk jadi konsumen bijak dan pintar!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun