Mohon tunggu...
ALMANDA IRFAH UTAMI
ALMANDA IRFAH UTAMI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Halo, saya amanda! mari tumbuh kembang bersama!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Muhammad Nicolas Al Abshor: Mahasiswa Kudus yang Sukses Menjalankan Tiga Bisnis di Usia 21 Tahun

14 Oktober 2024   20:11 Diperbarui: 14 Oktober 2024   20:11 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Usaha Kebab "The Kebab'z" di Tanjungkarang, Jati, Kudus (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Kudus - Di usia 21 tahun, Muhammad Nicolas Al Abshor, atau Niko, telah berhasil menyeimbangkan dunia kuliah dan bisnis dengan luar biasa. Mahasiswa semester lima di IAIN Kudus ini tak hanya fokus pada pendidikannya, tetapi juga mengelola tiga bisnis yang berjalan sukses. Berdomisili di Tanjungkarang, Jati, Kudus, Niko sudah menjalankan bisnis kuliner kebab, penyewaan jersey, dan jasa fotografi.

Menyulap Hobi Menjadi Peluang

Bisnis fotografi Niko, Vinn Picture, lahir dari keinginan belajar yang dipicu oleh keberadaan kamera milik ayahnya. "Awalnya, saya hanya ingin belajar fotografi karena bapak saya punya kamera. Saya coba-coba motret dan berpikir, siapa tahu ada yang tertarik. Ternyata, malah keterusan sampai akhirnya bisnis ini berjalan," cerita Niko. Usaha ini dirintis sejak awal 2023 dan kini dikenal sebagai penyedia jasa dokumentasi acara yang handal di Kudus.

Potret sebagai penyedia jasa dokumentasi kegiatan futsal (Sumber: Dokumentasi Pribadi)
Potret sebagai penyedia jasa dokumentasi kegiatan futsal (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Selain itu, Niko mendirikan usaha penyewaan jersey, Sewa Jersey Kudus, pada tahun 2023. Bisnis ini tercetus karena sering ada turnamen kampus yang melibatkan tim-tim baru, tim sementara, atau tim yang anggotanya berganti-ganti. Banyak dari mereka belum memiliki jersey sendiri, sehingga Sewa Jersey Kudus hadir sebagai solusi praktis agar mereka tidak perlu membuat jersey baru.

Tak berhenti sampai di sana, di tahun 2024 Niko memperluas usahanya dengan membuka gerai kebab yang ia beri nama The Kebab'z. "Saya lihat kuliner kebab cukup diminati di Kudus, dan ini peluang yang bagus," kata Niko. Meski baru berjalan beberapa bulan, The Kebab'z sudah mendapatkan banyak pelanggan setia yang tertarik dengan cita rasa kebabnya yang unik. "Sebenarnya usaha kebab ini yang paling baru, tapi saya optimis bisa berkembang," tambahnya.

Mengatur Waktu antara Bisnis dan Kuliah

Ketika ditanya bagaimana ia mengelola waktu di tengah kesibukan kuliah dan tiga bisnis yang sedang berjalan, Niko menjelaskan bahwa disiplin dan manajemen waktu adalah kunci utamanya. "Memang berat, tapi saya selalu atur jadwal antara kuliah, bisnis, dan waktu istirahat. Pagi biasanya saya urus usaha kebab, siang sampai sore fokus kuliah, dan malam hari saya cek pesanan jersey dan editing foto dari klien."

Niko juga merasa terbantu dengan dukungan dari keluarga dan teman-temannya. "Keluarga selalu support, terutama saat saya baru memulai bisnis ini. Teman-teman kuliah juga sering bantu promosiin usaha saya, dan tidak lupa ada sosok wanita yang selalu ada di belakang menemani saya dan itu sangat berarti."

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun