Mohon tunggu...
Abdul Manan
Abdul Manan Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa UIN Gusdur Pekalongan

"Jika kau bukan raja dan bukan anak ulama besar maka menulislah" - Imam Ghazali

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Mengajar Bahasa Arab Menggunakan Media Al-Qur'an

12 November 2024   10:50 Diperbarui: 12 November 2024   11:40 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Alqur'an sebagai firman tuhan yang menjadi pedoman hidup bagi umat muslim mengandung banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia.

diantaranya adalah kemanfaatan Al-Qur'an dalam Belajar dan Mengajar Bahasa Arab. Manfaat dari Al-Qur'an dalam pengajaran bahasa Arab bagi penutur bahasa asing tidak hanya terletak pada aspek prinsip dan metode pengajaran, tetapi juga pada aspek materi pengajaran. 

Adapun manfaat dari segi prinsip dan metode, hal itu dapat dilakukan dengan menggali dan mengeluarkan prinsip-prinsip serta petunjuk-petunjuk pengajaran bahasa yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an, kemudian mengekstraknya dan menerapkannya dalam pengajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing, seperti yang telah dijelaskan dalam artikel-artikel sebelumnya.

Adapun manfaat dari segi materi, hal itu terwujud dalam pengambilan isi linguistik untuk pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab sebagai bahasa asing pada berbagai tingkat dari ayat-ayat Al-Qur'an, yang akan dibahas dalam artikel ini dan artikel-artikel berikutnya, Insya Allah.

Dan manfaat pertama adalah manfaat pada tingkat suara atau pengucapan; yaitu dengan mengambil materi pengajaran pengucapan suara-suara Arab dari ayat-ayat Al-Qur'an, baik dari segi pengucapan maupun maknanya. 

Segi pengucapan berkaitan dengan deskripsi suara, pengenalan, atau pembedaannya antara suara yang serupa, serta perubahan-perubahannya. Sedangkan segi maknawi berkaitan dengan pengucapan yang bermakna atau menunjukkan makna dari suara-suara Arab, atau pengucapan yang mencerminkan berbagai variasi maknanya.

Dalam mendeskripsikan suara-suara Arab dan membedakannya dengan suara-suara yang mirip dari bahasa para pelajar asing, guru dapat menjelaskan beberapa suara yang sulit dengan cara pengucapan praktis suara tersebut dalam konteks kata-kata dalam Al-Qur'an. 

Misalnya, dalam pengajaran suara huruf "qaf" (ق), "thaa" (ث), dan "ain" (ع), setelah guru mendeskripsikan masing-masing huruf dari segi tempat keluar suara dan sifatnya, ia kemudian memberikan beberapa ayat yang mengandung suara-suara tersebut agar para siswa dapat berlatih mengucapkannya dengan benar, seperti: 

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ "Qul huwa Allahu ahad"

ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ  "Thumma kalla saofa ta'lamoon"

عَمَّ يَتَسَاءَلُونَ‏  "Ammayatasaa'aloona".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun